Cirebon Media- Beras hitam? pernahkah kamu mengkonsumsinya? mungkin sebagian dari kamu jarang mengetahuinya, karena memang beras ini jarang kita temukan. Beras merupakan bahan pokok untuk kebutuhan makan kita, namun biasanya beras yang sering kita konsumsi adalah beras putih dan beras merah. Walaupun beras hitam ini tidak populer, namun kamu wajib mencobanya, karena beras hitam  banyak mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Nasi beras  hitam memiliki tekstur lengket, sangat cocok untuk dibuat bubur, makanan penutup, kue beras hitam tradisional, roti, dan mie. Beras ini juga memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan beras putih. Sebagai makanan sehat, beras hitam memiliki kandungan nutrisi dan menawarkan berbagai manfaat untuk kesehatan, apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasan berikut ini:

  1. Sebagai antioksidan yang efektif

Seperti namanya, beras hitam memiliki warna yang hitam atau bisa juga ungu gelap. Hal inilah yang mengindikasikan bahwa dalam beras tersebut terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi terutama dibagian kulit luar.

  1. Pelindung bagi kesehatan jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat mematikan.  Untuk itu, penderita penyakit jantung sangat membutuhkan makanan yang dapat menjaga kesehatan jantungnya,salah satunya adalah dengan mengkonsumsi beras hitam. Mengapa beras hitam? Karena di dalam beras hitam terkandung antosianin fitokimia yang mampu menjaga kadar kolesterol sehat serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam darah.

  1. Tinggi protein

Semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harianmu.

  1. Membangun sistem pencernaan yang sehat

Beras hitam memiliki kandungan serat alami yang sama dengan beras lainnya seperti beras merah, beras putih, maupun beras gandum lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa setiap setengah cangkir beras hitam menyajikan sekitar 2 hingga 3 gram kandungan serat. Kandungan manfaat serat tersebut sangat membantu sistem pencernaan kita agar selalu sehat.

  1. Makanan yang pas untuk diet

Untuk apa kita diet? selain untuk terhindar dari kegemukan, diet juga penting untuk kesehatan. Dengan beras hitam ini kamu akan merasa kenyang lebih lama. Seperti yang telah kita ketahui bahwa serat dalam beras hitam dapat membersihkan tubuh dari racun, mengurangi peradangan, serta membersihkan arteri dari plak, yaitu dengan menghilangkan limbah dan wabah yang masih bersarang dalam tubuh. Dengan demikian, tubuh akan terlindungi dari gangguan obesitas, diabetes, penyakit jantung, maupun gangguan pada sistem pencernaan.

Penulis: Helda Damayanti

Sumber:

http://manfaat.co.id/manfaat-beras-hitam

https://hellosehat.com/10-manfaat-kesehatan-beras-hitam/