Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Ambeien

Cirebonmedia.com- Aktivitas kita setiap hari seperti dalam hal pekerjaan duduk terlalu lama bisa memunculkan permasalahan pada kesehatan kita salah satunya ialah ambeien. Ambeien adalah salah satu penyakit yang mengganggu, apa lagi jika kita adalah seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk di depan meja seperti pegawai kantor.

Menurut ilmu medis, penyakit yang satu ini adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah anus atau bibir anus. Ambeien sendiri dikelompokan dalam dua macam yaitu wasir internal eksternal. Karena beda jenisnya, gejala yang ditimbulkan pun juga berbeda. Ambeien internal, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri dan hal ini terjadi bersamaan dengan pendarahan rektum. Sebaliknya, rasa nyeri akan dirasakan oleh penderita ambeien eksternal. Pada penderita penyakit ini juga akan mengalami pembengkakan pada daerah anus.

Biasanya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

  • Pekerja yang duduk disatu tempat berjam-jam
  • Ngeden (ngejan) pada saat buang air besar (susah buang air besar)
  • Duduk di toilet sambil membaca (lama)
  • Diare
  • Sewaktu kehamilan / setelah melahirkan
  • Sering angkat berat
  • Pola makan yang kurang teratur
  • Kurang asupan serat (sayur dan buah-buahan)
  • Faktor Keturunan

Dan berikut adalah cara mengatasi penyakit Ambeien:

Ambeien merupakan penyakit yang sangat mengganggu
Ambeien merupakan penyakit yang sangat mengganggu

Ambillah obat penghilang rasa sakit dan anti-inflamasi untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Anda dapat mengambil tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Pemberian gel lidah buaya (aloe vera) pada area dubur juga dapat membantu mengurangi peradangan. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan obat alami berbasis daun ungu (graptophyllum pictum) untuk melawan wasir. Daun ungu adalah tanaman yang berasal dari New Guinea dan Polinesia. Saponin, alkaloid, glikosida dan zat lain yang terkandung pada daun ungu dapat menghambat peradangan wasir dan membantu proses pencernaan yang membuat tinja lunak. Efek anti-inflamasi saponin cukup kuat untuk mengatasi wasir yang parah sekalipun. Bersihkan area dubur dengan baik setiap selesai buang air besar. Anda tidak perlu menggunakan sabun karena dapat meningkatkan iritasi.

Untuk mengeringkan daerah sekitar wasir, Anda bisa menggunakan tisu lembut yang biasa digunakan untuk bayi. Kurangi rasa nyeri dengan duduk dalam air hangat (sitz bath) tiga atau empat kali sehari selama 10 sampai 15 menit. Anda juga dapat menerapkan kantung es atau kompres dingin pada daerah dubur selama sekitar sepuluh menit, tiga atau empat kali sehari untuk mengurangi pembengkakan pembuluh darah. Cegah atau kurangi sembelit. Pilihlah makanan tinggi serat (sayuran, buah-buahan dan biji-bijian) dan perbanyak minum. Hindari teh dan kopi untuk sementara.

Sumber: Obatwasirherbal

Shares
Share This