Bahaya Air Kemasan yang Terkena Sinar Matahari

Cirebonmedia.com- Bumi merupakan sebuah planet dalam tata surya yang memiliki syarat-syarat kehidupan yang sangat baik, dan salah satu syarat hidup yang melimpah di bumi adalah air. Air merupakan syarat hidup utama bagi makhluk hidup, seiring berkembangnya teknologi kemudian manusia di bumi mampu membuat air bersih layak minum atau yang lebih kita kenal dengan air mineral atau kemasan.

Air kemasan adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Air Minum dalam kemasan merupakan suatu proses produksi dengan standar tertentu sehingga menghasilkan kualitas air yang lebih terstandar dari waktu-kewaktu. Memiliki syarat dan pengawasan yang jauh lebih ketat sehingga mampu terciptanya air dengan kualitas yang baik untuk dikonsumsi. Air mineral biasanya masih memiliki buih. Air mineral bersumber dari mata air yang berada di alam.  Kebanyakan masyarakat telah memilih air mineral sebagai air yang mereka konsumsi sehari-hari.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak hal-hal sepele yang secara tidak sadar sebenarnya berdampak sangat buruk bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah meminum air mineral natau kemasan botol  yang sudah lama terkena paparan sinar matahari.  Hal ini tentu tidak bagus bagi kesehatan. Air minum kemasan tidak boleh terpapar sinar matahari lebih dari enam jam begitu diambil dari tempat pengisian air. Sementara air minum kemasan gelas dan botol tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung sama sekali. Menurut Prof Dr Heru Setyawan, ketua Prodi Teknik Kimia Institut Teknologi Surabaya, menerangkan bahwa sinar Ultravolet ( UV ) yang terdapat pada sinar matahari mampu mendegradasi polimer dalam plastik. Polimer yang terdiri dari rantai monomer ini akan terganggu. Terdapat bagian rantai monomer yang terputus sehingga struktur polimer jadi rapuh dan plastik pun rusak sehingga polimer akan masuk dan bercampur dengan air.

Air kemasan
Air kemasan

Dr Merryana Adriani SKM Mkes, ahli gizi dari fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga mengatakan, reaksi polimer dalam tubuh bergantung sensivitas tiap individu. Zat karsinogenik yang ditemukan dalam plastik dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, diabetes kalau menyerang pangkreas, penyumbatan pembuluh darah saat menyerang bagian itu atau ginjal jika menyerang glomerulus.

Untuk itu kita harus memperhatikan hal yang sering dianggap sepele dengan menyimpan air kemasan yang langsung terkena sinar matahari agar kita terhindar dari zat-zat yang membahayakan bagi tubuh setelah air kemasan terkena sinar matahari secara langsung.

Shares
Share This