Hal yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Keracunan Makanan

Cirebonmedia.com- Makanan merupakan sumber energi serta salah satu syarat untuk bertahan hidup bagi manusia, akan tetapi manusia sering sekali ceroboh sehingga mengakibatkan keracunan makanan. Khasus seperti ini sering sekali terjadi karena kurang teliti dalam mengonsumsi makanan.

Keracunan makanan adalah kondisi yang muncul akibat mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh organisme menular, seperti bakteri, virus, dan parasit. Selain itu bisa karena racun yang mereka keluarkan di makanan. Kontaminasi dapat terjadi saat makanan sedang diproses atau dimasak dengan tidak benar.

Kontaminasi yang umumnya terjadi pada kasus keracunan makanan disebabkan oleh:

  • Bakteri, contohnya Campylobacter, salmonella, Escherichia coli (E. coli), Listeria, dan Shigella.
  • Virus, contohnya norovirus dan rotavirus.
  • Parasit, contohnya cryptosporidium, Entamoeba histolytica, dan giardia.

Keracunan makanan sendiri merupakan penyakit yang terjadi secara mendadak  setelah seseorang mengonsumsi makanan atau minuman yang telah terkontaminasi. Keracunan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin, tua ataupun muda dan pria ataupun wanita.

Orang yang keracunan makanan cukup parah harus segera dibawa ke dokter. Namun, dalam beberapa kasus, keracunan makanan tak perlu pengobatan khusus. Berikut adalah hal yang bisa dilakukan ketika keracunan makanan.

 

Banyak minum

Keracunan makanan bisa menyebabkan dehidrasi. Ganti cairan yang keluar dari tubuh dengan banyak minum air putih atau. Hindari alkohol dan minuman berkafein karena justru dapat memperburuk keadaan.

Hindari makan pedas

hindari makan pedas, gorengan, serta makanan tinggi lemak dan gula. Konsumsilah makanan sehat, berbahan alami, dan yang mudah dicerna seperti bubur dan pisang.

keracunan
keracunan

Probiotik

Konsumsilah probiotik, seperti yogurt, agar cepat pulih dari keracunan makanan. Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk usus sehingga mempercepat proses pemulihan.

Air Kelapa Hijau

Air kelapa selain mengandung berbagai ion yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, juga memiliki kemampuan untuk menawarkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Air kelapa ini juga umum di gunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti: panas dalam, demam, kekurangan cairan, dan lain-lain.

 

Istirahat

Keracunan makanan bisa membuat Anda sangat lelah dan lemas. Jangan dulu terlalu banyak aktivitas. Perbanyak lah istirahat agar kesehatan cepat pulih kembali.

Shares
Share This