Anda Alergi Udara? Begini Cara Mengatasinya

Cirebonmedia.com- Alergi merupakan suatu gangguan yang sudah dialami sebagian besar orang dan salah satunya adalah alergi udara. Alergi adalah respon abnormal dari sistem kekebalan tubuh. Orang-orang yang memiliki alergi memiliki sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap suatu zat biasanya tidak berbahaya di lingkungan.

Alergi udara sering dialami dan sangat umum terjadi. Alergi yang satu ini sangat menggangu karena bisa membuat kita menjadi tidak nyaman saat berada di suatu tempat atau bahkan bisa mengganggu aktivitas kita. Biasa gejalanya adalah bersin-bersin dan kulit menjadi gatal.

Sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasi alergi udara ini seperti dilansir dari Women’s Health yang memberikan tips menanggulangi alergi udara, berikut caranya:

 

Ganti pakaian ketika pulang ke rumah

Ini memang hal wajar. Tetapi kadang-kadang karena terburu-buru sudah merasa lapar atau kelelahan, Anda hanya mencuci tangan dan kaki, lalu makan. Mengganti pakaian setelah Anda beraktivitas di luar rumah dapat mengurangi jumlah alergen yang masuk ke dalam rumah melalui pakaian.

Tutup jendela

Menutup jendela memang membuat udara lebih panas. Namun menghindari udara yang berkualitas buruk, atau ketika tanaman di luar rumah sedang berbunga, perlu dilakukan. Bila Anda memasang AC di dalam ruangan, pilih yang menggunakan filter, untuk membantu membersihkan udara di dalam rumah.

alergi udara
alergi udara

Hindari sabun batangan

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan di Trends in Immunology, menggunakan sabun batangan dapat mengurangi lapisan pelindung pada kulit yang sebenarnya melindungi Anda dari alergi yang sifatnya musiman. Karena itu, sebaiknya Anda memakai sabun cair saja.

Kenakan sunglasses

Kacamata hitam dengan kualitas lensa yang baik akan menambahkan lapisan pelindung di antara serbuk spora di udara dan mata, atau bulu mata Anda.

Anda bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah dengan cara membersihkannya, hal ini bisa meminimalisir alergi udara karena kotoran dan debu yang sudah dibersihkan. Intinya kita harus rajin dalam membersihkan rumah, benda yang sering kita pakai dan perabotan di dalamnya karena jika rumah sudah bersih maka kita akan nyaman tinggal di dalamnya.

Shares
Share This