Bahaya Bagi Perokok Pasif

Cirebonmedia.com Merokok sudah menjadi kebiasaan sehari-hari masyarakat Indonesia khusunya Kota Cirebon Menurut Bima salah satu Pecandu rokok mengatakan dalam sehari ia dapat menghabiskan lebih dari 1 bungkus Rokok, sehari saja tidak merokok maka ia akan merasakan Pusing dan tidak tenang Ujar Bima ,

Saat ini banyak Orang -orang yang tidak menyadari bahwa asap rokok yang dihasilkan sebatang asap rokok tidak hanya dinikmati oleh dirinya sendiri akan tetapi semua orang yang ada disekitarnya, Fenomena saat ini banyak para orang tua yang secara tidak sadar telah meracuni kehidupan anak Istri yang dicintainya.

Banyak Para Orang tua yang dengan bangga menggendong anak mereka dengan menghisap sebatang rokok, Secara tidak sadar ia telah menanamkan racun berbahaya pada tubuh anak yang dikasihinya.  tahukah Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh terlebih jika terhirup oleh balita bahkan bayi . didalam sebatang asap rokok terdapat jutaan Efek-efek yang merugikan.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa  kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi serta gangguan kehamilan dan cacat pada janian.

Pada kenyataannya kebiasaan merokok ini sulit dihilangkan dan jarang diakui orang sebagai suatu kebiasaan buruk. Apalagi orang yang merokok untuk mengalihkan diri dari stress dan tekanan emosi, lebih sulit melepaskan diri dari kebiasaan ini dibandingkan perokok yang tidak memiliki latar belakang depresi.

Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari seconhandsmoke yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok atau bisa disebut juga dengan perokok pasif. Rokok tidak dapat dipisahkan dari bahan baku pembuatannya yakni tembakau.

Tahukah anda apa saja yang terkandung dalam asap sebatang rokok yang dihisap ? Tidak kurang dari 4000 zat kimia beracun. Zat kimia yang dikeluarkan ini terdiri dari komponen gas (85 persen) dan partikel. Nikotin, gas karbonmonoksida, nitrogen oksida, hidrogen sianida, amoniak, akrolein, asetilen, benzaldehid, urethan, benzen, methanol, kumarin, 4-etilkatekol, ortokresol dan perylene adalah sebagian dari beribu-ribu zat di dalam rokok.

Kandungan dalam sebatang rokok, Nikotin. Zat yang paling sering dibicarakan dan diteliti orang, meracuni saraf tubuh, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan penyempitan pembuluh darah tepi dan menyebabkan ketagihan dan ketergantungan pada pemakainya. Kadar nikotin 4-6 mg yang diisap oleh orang dewasa setiap hari sudah bisa membuat seseorang ketagihan   Timah hitam (Pb) yang dihasilkan sebatang rokok sebanyak 0,5 ug. Sebungkung rokok (isi 20 batang) yang habis diisap dalam satu hari menghasilkan 10 ug. Sementara ambang batas timah hitam yang masuk ke dalam tubuh adalah 20 ug per hari. Bisa dibayakangkan bila seorang perkok berat menghisap rata-rata 2 bungkus rokok per hari, berapa banyak zat berbahaya ini masuk ke dalam tubuh. Gas karbonmonoksida (CO) memiliki kecenderungan yang kuat untuk berikatan dengan hemoglobin dalam sel-sel darah merah.

perokok pasif 500X500
Image By: Google.com

Seharusnya hemoglobin ini berikatan dengan oksigen yang sangat penting untuk pernasapan sel-sel tubuh, tapi karena gas CO lebih kuat daripada oksigen maka gas CO ini merebut tempatnya “di sisi” hemoglobin. Jadilah hemoglobin bergandengan dengan gas CO. Kadar gas CO dalam darah bukan perokok kurang dari 1 persen. Sementara dalam darah perokok mencapai 4-15 persen. Kemudian Tar adalah kumpulan dari beribu-ribu bahan kimia dalam komponen padat asap rokok dan bersifat karsinogen. Pada saat rokok dihisap, tar masuk ke dalam rongga mulut sebagai uap padat. Setelah dingin akan menjadi padat dan membentuk endapan berwarna coklat pada permukaan gigi, saluran pernafasan dan paru-paru. Pengedapan ini bervariasi antara 3-40 mg.

Sebagai bahan referensi anda kami mengharapkan setidaknya jika anda ingin tetap merokok, jangan pernah  racuni anak istri anda dengan asap rokok, Merokok lah diruangan yang jauh dari Rumah dan merokok lah ditempat khusus yang telah disediakan.

Salam damai dari team Cirebonmedia.com semoga dapat menjadi manfaat

 

Shares
Share This