Cirebonmedia.com– Berbuka puasa merupakan suatu momen yang paling ditunggu, karena pada saat itu keluarga, saudara, sahabat dan teman berkumpul berbagi canda tawa sambil menuggu adzan maghrib yang dikumandangkan dan bertanda waktunya berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan dahaga. Sebagian orang mungkin tidak terlalu mementingkan tentang menu berbuka puasa, akan tetapi, memilih menu untuk berbuka  yang tepat akan menghindari tubuh dari beberapa penyakit yang bisa menyerang saat makanan yang dikonsumsi saat berbuka kurang diperhatikan.

Hal tersebut sangat penting untuk diperhatikan mengingat tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi yang sehat agar tubuh tetap bugar sehingga badan tetap sehat  dalam menjalankan puasa. Makanan yang kita makan ketika menjalani ibadah puasa akan memberikan dampak terhadap kesehatan tubuh, jika  memakan makanan yang kurang sehat maka tubuh akan lemas dan tidak mampu menjalankan puasa dengan baik.

Seperti yang dilansir viva.co.id, Lovely Ranganath, seorang ahli gizi senior di Healthtrendz, mengatakan, makanan sehat seringkali diabaikan, dan mereka cenderung memilih mengonsumsi makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh.

“Beberapa orang mengabaikan makan sehat selama Ramadhan ketika fokusnya adalah pada kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman serta berbagi makanan,” ujar Lovely.

Ini, bulan ketika wanita menampilkan kemampuan memasak mereka. Orang cenderung makan lebih banyak dari yang seharusnya. Dengan cuaca yang panas dan lembap, mereka lebih memilih untuk tinggal di dalam ruangan, yang bisa menambah masalah kesehatan mereka.  Lovely pun merekomendasikan, agar hanya makanan sehat yang dikonsumsi saat berbuka. Dan katanya, akan lebih baik jika Anda menghindari dua makanan ini ketika berpuasa.

 

Makanan pedas

Makanan ini membuat lapisan perut sensitif pasca puasa. Memberikan asupan makanan pedas saat berbuka puasa dapat menyebabkan gas dan mulas.

 

Makanan yang digoreng

Bakwan, samosa, lumpia, dan aneka gorengan lainnya sering dijadikan hidangan berbuka. Tapi perlu Anda tahu, makanan ini tak mengandung nutrisi. Makanan ini justru sarat dengan lemak yang sulit diproses oleh hati. Mereka disimpan jauh sebagai jaringan lemak. Makanan ini bisa menghambat saluran pencernaan dan menyebabkan keasaman.

 

Sumber: Viva.co.id

Image By: Google.com