Pepaya, harga murah kaya manfaat

Hai pecinta pepaya mungkin sudah nggak asing lagi dengan buah yang satu ini, memiliki warna oren dengan biji kecil-kecil berwarna hitam dan biasanya berbentuk lonjong ini memiliki rasa yang manis dan pastinya baik untuk pencernaan tubuh.

Namun jarang di ketahui bahwa pepaya bukan hanya baik untuk pencernaan tubuh loh, pepaya juga memiliki manfaat dan kandungan yang lain

Nah ini dia manfaat buah pepaya yang jarang kalian ketahui :

Manfaat buah pepaya

Pepaya memiliki manfaat yang banyak karena pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis bersama dengan buah bengkoang, nanas, apel, belimbing, jambu air. Getah buah pepaya juga tergolong mahal karena getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yang berguna bagi kebutuhan rumah tangga dan industri. Pada pengobatan herbal pepaya dapat mencegah kanker, sembelit, kesehatan mata.

Manfaat biji pepaya

Dokter Wahyu Triasmara menjelaskan bahwa biji buah pepaya bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah karena dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL, serta meningkatkan kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untuk terapi hiperlipidemia yang disebabkan oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi karena ekstrak biji tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, dan antosianin. Menurutnya biji pepaya dapat dikonsumsi dengan cara diblender dan disajikan seperti membuat jus, atau pun dengan cara diseduh seperti menyeduh kopisetelah terlebih dahulu dikeringkan dan diblender.

Naah itu dia manfaat pepaya selain baik untuk pencernaan.. semoga bermanfaat yaa…

Shares
Share This