Tips Membuat Tidur Berkualitas

Memperoleh tidur yang cukup sangatlah penting karena jika kamu selalu mendapatkan jam tidur yang kurang akan sangat mempengaruhi kondisi kesahatan. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung, dan bahkan membuat tubuhmu rentang terkena penyakit.

Kebanyakan orang mengetahui bahwa tidur sangatlah penting, namun demikian mereka justru semakin hari semakin mendapatkan jam tidurnya berkurang karena alasan kerjaan yang menumpuk, kebiasaan tidur larut, main game, dan sebagainya.

Mengobrol hingga larut denga teman-teman, main game, dan keluyuran, bangun di siang hari dengan kondisi badan yang lemas dan tidak bersemangat. Betul-betul seperti vampire, yang malas keluar rumah di siang hari.

Kebiasaan buruk tersebut akan membawa dampak buruk yang akan terasa di kemudian hari seperti rentang terkena penyakit. Karena biasanya orang yang memiliki pola tidur yang buruk, ian memiliki pola makan yang buruk juga.

Hei kamu, yang memiliki pola hidup seperti ini, segeralah berubah kawan! Mungkin saat ini kamu belum merasakan akibatnya karena masih tergolong muda, namun seiring bertambahnya umurmu, biasanya akan mulai kamu rasakan gejala-gejala akibat pola tidur dan makan yang buruk. Beberapa tips berikut ini sedikit banyaknya mungkin akan membantumu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berolahraga

Para ahli kesehatan, siapapun dan dimanapun pasti menganjurkan kita untuk berolahraga rutin. Mungkin kamu pun sudah bosan mendengar nasihar ini berkali-kali, tapi tak ada salahnya kan untuk kembali dan saling mengingatkan. Berolahraga membantumu agar cepat tidur di malam hari dan memperoleh tidur yang berkualitas.

Jadwalkan Waktu Tidurmu

Menjadwalkan tidur secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur yang berkualitas. Hindarilah pola hari ini tidur jam 9 malam, keesokan harinya pukul 12 malam, dan keesokannya lagi pukul 10 malam. Karena keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh agar berjalan baik.

Kenali Kebiasaanmu

Menyambung 2 poin di atas, begitu kamu mengetahui jam tidurmu setiap malam, pastikan kamu mempersiapkan segala sesuatu yang biasa kamu lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur tidak terlewat. Sebagai contoh, kamu berencana untuk tidur setiap malam pukul 11 dan mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 10.30 maksimal kamu harus sudah mulai membaca, sehingga pukul 11 malam dirimu sudah tertidur.

Jangan Konsumsi Makanan Berat sebelum Tidur

Pastikan kamu tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Makan malam yang ringan sangatlah disarankan. Mungkin kamu sering mendengar bahwa banyak orang melakukan diet di malam hari, mereka makan sedikit nasi atau bahkan tidak makan nasi sama sekali, hanya lauk pauk dan sayuran saja. Hal ini baik sekali, karena perut yang sangat penuh dapat membuatmu sulit untuk tidur. Jika kamu masih merasa lapar, disarankan mengemil buah-buahan saja dibanding junk food.

Ada sebuah nasihat yang mungkin sering kamu dengar dari orang-orang sukses dan bijak yang sampai usianya kepala 6 pun masih tetap energik seperti usia 40 tahun. Ya, “cukup tidur, banyak minum, dan makan jangan terlalu kenyang”. Ya, nasihat yang sangat sederhana namun dapat membuat orang berumur panjang.

Matikan Komputer

Jika kamu adalah penggila komputer entah itu untuk browsing ataupun bermain game, disarankan kamu membuat jeda antara berhenti bermain komputer dengan saat sebelum kamu naik ke atas ranjang, minimal setengah jam. Biasanya kita akan mengalami kesulitan untuk tidur jika langsung berbaring setelah menggunakan komputer. Relakskan otak sejenak, karena otakmu masih ‘panas’ saat itu.

Memang terkadang sulit untuk melakukan hal ini, karena sedang asyik-asyiknya dan pasti merasa sayang sekali jika kita menyianyiakan waktu setengah jam tersebut tidak berada di komputer.

Jangan Mengobrol di Telepon Sebelum Tidur

Ini mirip dengan poin ke-5 di atas, ketika kamu mengobrol dengan seseorang di telepon, otak kamu saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk mengubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak sebelum pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.

Pastikan Lampu Kamarmu Mati

Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap, hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur. Efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh. Dan biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

Kasur

Apakah kasur kamu sudah terlalu tua untuk kamu gunakan? Apakah pada bagian tengahnya sudah lebih kemis dibandingkan sisi-sisinya? Jika demikian, gantilah dengan yang baru, yang akan menopang tubuh lebih baik sehingga kamu merasa jauh lebih nyaman selama tidur. Hal ini biasanya terjadi pada kasur yang berisikan kapuk, model spring bed jarang sekali terjadi.

Lingkungan Tidurmu

Jika kamu seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidurmu. Aturlah timer pada AC atau kipas angin atau jika tidak terdapat timer, pastikan kamu menyelimuti diri sebelum tidur sehingga tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

Oke good friends, mulai hari ini kamu bisa melakukan tips-tips di atas agar tidurmu lebih berkualitas, sehingga pada keesokan harinya kamu dapat memulai hari dengan lebih segar dan ceria.

Penulis : Afip Maulana
Sumber : www.akuinginsukses.com

Shares
Share This