EKSOTISME PANTAI KEJAWANAN DAN MITOS PENYEMBUHAN PENYAKIT

Pantai kejawanan merupakan pantai yang berada di wilayah pelabuhan ikan kejawanan, tepatnya di jalan Yos Sudarso Cirebon. Pantai ini menjadi tujuan wisata pantai yang selalu ramai di kunjungi wisatawan baik dari Kota Cirebon sendiri maupun dari luar Cirebon. Selain keindahan yang dimiliki oleh pantai kejawanan terdapat pula Tempat Pelelangan Ikan. Sunrise dan sunset menjadi primadona apabila kita berkunjung ke pantai ini. Dan bukan hanya keindahan yang tersaji disini. Konon cerita dari mulut ke mulut, air laut di pantai ini juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit ringan dan berat.

menikmati indahnya sunset di pantai kejawanan foto: travel.kompas.com
Daya tarik pantai kejawanan selain sunrise dan sunset adalah dimana airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Entah sejak kapan kabar itu beredar dimayarakat, namun setiap harinya selalu banyak wisatawan lokal yang mengunjungi pantai ini. Beberapa tahun lalu ada pengunjung yang rajin berendam dan mandi di pantai kejawan, begitu rajinnya berendam penyakit yang sudah lama bersarang ditubuhnya ternyata mengalami penyembuhan. Sontak kabar ini cepat tersebar dan dikaitkan dengan segala sesuatu yang berbau mistik. Warga sekitar sepakat bukan karena mistiklah orang tersebut sembuh dari sakitnya, namun karena kadar air lah yang menyembuhkan penyakitnya. Banyak pengunjung yang mendapatkan manfaat dari terapi penyembuhan air laut di pantai ini. Umumnya mereka terapi penyakit seperti, reumatik, asam urat, diabetes, stroke, radang tenggorokan, penyakit kulit dan batuk. Memang belum ada penelitian mendalam tentang kandungan air nya, namun dengan kadar garam yang tinggi cukuplah untuk kita berfikir memakai logika daripada berhubungan dengan hal mistik.
Wisata pantai kejawanan terbilang murah dan mudah untuk dikunjungi.Dengan tiket masuk hanya berkisar sekitar Rp 5000 kita sudah dapan menikmati keindahan pantai dan terapi penyembuhan berbagai macam penyakit, bahkan untuk yang hobi mincing pun bisa menyalurkan hobinya di tempat ini. Pada saat air laut surut biasa nya pengunjung bermain pasir agak jauh ketengah, karena ketika air surut Nampak permukaan pantai seperti pulau-pulau kecil.Biasanya pantai kejawanan di buka mulai dari pagi hari sampai pukul 5 sore, setiap hari slalu ramai di kunjungi orang untuk menikmati suasana pantai sekaligus menikmati terapi penyakit.

Penulis : rief budiman

Shares
Share This