Manisnya Manfaat Makanan Pahit

Tubuh akan terasa lelah, lesu, dan tidak segar ketika Anda terlalu banyak memakan makanan yang tidak sehat. Hal ini disebabkan oleh berbagai zat tambahan yang ada di dalam makanan tadi, seperti pengawat atau pemanis buatan. Zat-zat ini akan memenuhi ginjal dan lever. Lever adalah organ besar berbentuk bola sepak di perut kanan bagian atas, yang merupakan kunci tubuh yang sehat.

Lever membersihkan serta menyaring darah dan menyingkirkan cairan-cairan kimia berbahaya hasil produksi tubuh yang masuk ke aliran darah. Selain itu, lever juga memproduksi empedu yang membantu memecahkan lemak dari makanan serta menyimpan gula (glukosa) untuk memberikan energi bagi tubuh.

Ketika lever terlalu penuh, hal ini bisa membuat ginjal bekerja terlalu keras. Dalam situasi seperti ini, memakan sayuran dengan rasa yang pahit dapat banyak membantu. Jangan berpikir mengenai rasanya yang pahit, tapi pikirkanlah manfaat yang akan diberikan makanan tersebut bagi anda. Singkatnya, sesuatu yang pahit belum tentu akan menghasilkan yang pahit pula. Dikutip dari Boldsky, Minggu (1/7/2018), makanan pahit seperti pare dan sebagainya dikatakan dapat memecah batu ginjal.

Berikut ini adalah beberapa manfaat memakan makanan pahit bagi tubuh :

1. Meningkatkan Pencernaan

Rasa pahit pada sayuran pare memiliki peranannya sendiri untuk menstimulasi percernaan sehingga meningkat. Selain itu, pare juga dapat mencegah acid reflux. Acid reflux atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang biasa dikenal sebagai penyakit asam lambung adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan.

2. Menjaga Kesehatan Lambung

Sayuran pahit bisa mengurangi sensitivitas tubuh terhadap makanan tertentu. Selain itu, juga dapat meningkatkan kesehatan lambung.

3. Membuat Kenyang

Pare membantu menormalkan proses pencernaan dan mencegah Anda makan terlalu banyak. Hal ini karena pare dapat membuat Anda kenyang lebih cepat.

4. Menjaga Gula Darah

Beberapa studi mengatakan bahwa sayuran dengan rasa pahit dapat menormalkan kadar gula darah, hormon, dan fungsi hormon endokrin. Hormon berfungsi mengendalikan proses-proses dalam tubuh manusia seperti proses metabolisme, proses oksidatif, perkembangan seksual, dan lain-lain. Juga dapat menjaga keseimbangan fungsi tubuh (homeostasi).

4. Menjegah Tukak Lambung atau Maag

Rasa pahit dalam sayuran dapat mencegah tukak lambung dengan cara menstimulasi sekresi lendir di dalam perut. Sekresi adalah proses untuk membuat dan melepaskan substansi kimiawi dalam bentuk lendir yang dilakukan oleh sel tubuh dan kelenjar. Pare dapat menjaga kadar alkalin internal perut tetap seimbang dan meminimalisir kadar asam dalam tubuh.

Ternyata manfaat makanan pahit tak sepahit rasanya ya. Maka dari itu ayo kita terus lanjutkan dan galakkan gaya hidup sehat dengan memakan makanan alami dan sebisa mungkin mamagarai mulut kita dari makanan-makanan yang tidak sehat. Makanan enak belum tentu enak juga manfaatnya. Dan makanan sehat walaupun tidak enak rasanya, tapi sudah jelas enak manfaatnya.

Sumber : Berbagai Sumber
Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This