Jangan Khawatirkan Kebebasan dalam Membangun Startup

Membangun Startup yang Bebas – Saat menanamkan modal atau membuka bisnis, para investor atau pendiri perusahaan tak hanya menaruh uang lalu pergi begitu saja. Tak sekedar duduk manis di sudut ruangan sambil menanti kedatangan laporan terkait pundi-pundi bisnis mereka. Lebih dari itu, mereka ingin menanamkan nilai-nilai yang nantinya menjadi visi perusahaan.

Mencari usaha rintisan atau startup sebagai tempat untuk bekerja itu mudah. Yang agak sulit adalah menemukan investor dan pendiri yang satu visi dengan kita. Apalagi perjalanan untuk mendirikan startup itu tak selalu mulus. Ada kalanya pimpinan atau leader suatu startup terbentur oleh kepentingan investor.

Tak jarang pula terjadi seorang pendiri startup harus tersingkir dari perusahaan yang telah didirikannya. Tak hanya dipaksa dari mundur dari perannya sebagai CEO, ia juga nihil pilihan, selain menyerahkan beberapa saham yang dimiliki.

Mimpi untuk membangun cinta pelangggan terhadap produk telah berangsur-angsur berubah menjadi membangun apa yang diinginkan investor. Itulah mengapa saat beralih ke industri apa pun, kamu akan menemukan bukti pendanaan secara mandiri itu tidak hanya baik, tetapi sangat menguntungkan.

Bertolak dari pengalaman yang tidak menyenangkan seperti contoh di atas, banyak bootstrapper memulai bisnis mereka sebagai proyek sampingan dengan modal mandiri. Hanya ketika proyek sampingan tersebut sudah menjadi sumber pendapatan jangka panjang yang layak, baru mereka berhenti dari pekerjaan lainnya dan fokus pada perusahaan barunya.

Tidak Mempertaruhkan Kebebasan

Kebanyakan investor ingin menerima kembali uang mereka secepatnya, sehingga sering menekan startup untuk mencapai pertumbuhan eksponensial. Laba adalah satu-satunya tujuan mereka.

Lantaran itulah kebanyakan bootstrappers tidak mencari investor, sebab mereka tidak ingin kebebasannya tergadai hanya karena mengejar laba. Mereka ingin memiliki kehidupan yang sewajarnya, mempunyai waktu bersama keluarga, dan menikmati kebebasan hidup.

Mereka membangun startup secara perlahan, tumbuh hingga stabil dan dapat berjalan meski tanpa kehadiran mereka secara langsung. Intinya, mereka dapat membangun apa saja dan dari mana saja.

Buat Nilai Terlebih Dahulu dan Penilaian Akan Mengikuti

Ahrefs, salah satu startup terkemuka di dunia membutuhkan waktu 7 tahun untuk membangun kerajaan di ruang SEO yang sangat kompetitif. Mereka membangun produk mereka dalam keheningan ketika satu demi satu pesaing mereka mengumpulkan satu juta dolar.

JotForm tidak berubah dari nol menjadi 3,2 juta pengguna dalam semalam, diperlukan 12 tahun ketekunan. Dan setelah 10 tahun yang panjang, Todoist telah beralih proyek pribadi ke aplikasi yang membantu orang menyelesaikan puluhan juta tugas.

Setiap startup tentu ingin menjadi sukses dengan keuntungan yang besar. Tetapi tidak semua pendiri bersedia untuk bekerja setiap hari selama satu dekade. Rekening bank yang gemuk bukanlah sebuah resep untuk sukses. Lebih dari itu, kebebasan berekspresi menjadi hal terpenting yang tidak bisa dibeli.

Sumber : www.wormtraders.com
Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This