5 Alasan untuk Menjauhkan Elektronik dari Kamar Tidur

Elektronika tampaknya mengambil alih semua aspek kehidupan manusia. Dari mulai kita bernapas, melakukan kegiatan sehari-hari, teknologi selalu ada. Tapi bagaimana kamu bisa mendapatkan istirahat malam yang lebih baik dengan semua hal yang berkaitan dengan elektronik? Sebaliknya, kamu seharusnya menjauhi perangkat elektronikmu.

Tidur itu penting. Ini memungkinkan tubuh kamu untuk beristirahat sehingga kamu siap beraktivitas dihari berikutnya. Tetapi apakah kamu tahu jika menggunakan perangkat elektronik pada waktu tidur, itu dapat memengaruhi tidurmu secara negatif? Berikut adalah 5 alasan untuk menjauhkan elektronik dari kamar tidurmu:

kamar yang penuh dengan elektronik foto: destiprawidya.com

1. Cahaya Biru membuat kamu tetap terjaga.

Ponsel, komputer, dan perangkat elektronik lainnya mematikan cahaya biru, yang mempengaruhi otak kamu, membuat kamu tetap terjaga. Kamu bisa memasang layar pemblokiran cahaya biru di perangkat kamu sehingga kamu dapat menggunakannya dekat dengan waktu tidur jika perlu dan tetap mendapatkan tidur yang memang kamu butuhkan. Beberapa perusahaan bahkan menjual kacamata penghalang cahaya biru yang bekerja dengan cara yang sama. Ini memungkinkanmu untuk beralih di antara perangkat yang berbeda dengan cepat sambil melindungi otak dan mata kamu dari cahaya biru.

2. Teknologi memakan waktu.

Contohnya, kamu selalu mengecek Facebook kamu dan sebelum kamu tahu itu telah menghabiskan waktumu berjam-jam melalui media sosial. Ketika kamu memeriksa media sosial di malam hari, itu dapat membuatmu tidak mendapatkan jam tidur yang kamu butuhkan. Coba atur waktu untuk menggunakan barang elektronik di kamar tidur kamu dan taruh ponsel kamu di suatu tempat selain di samping kamu. Ini juga akan memberimu lebih banyak waktu untuk menghabiskan waktu dengan keluarga kamu, hewan peliharaan atau buku favorit kamu.

3. Kamar tidur kamu seharusnya untuk istirahat dan relaksasi.

Getaran dan desingan konstan pada ponsel kamu membuat pikiranmu terjaga dan bekerja ketika kamu harus tidur nyenyak. Kamar tidur bebas teknologi (dengan mengatur jam malam, meletakkan telepon, dll.) dapat membantu memerangi stres. Tanpa ponsel, TV, atau komputer, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk bersantai.

4. Teknologi bisa berbahaya bagi kesehatan kamu.

Selain mendapatkan waktu tidur yang sehat, yang dibutuhkan tubuhmu untuk tetap sehat (seperti makanan dan air) ponsel kamu memancarkan sejumlah radiasi kecil. Saat kamu tidur dan kamu tidak memerlukannya, itu tidak perlu dekat. Kalau kamu harus menaruh posel di kamar tidur, pastikan itu ada di atas meja atau rak dan bukan di samping tempat tidur kamu.

5. Teknologi dapat berdampak negatif pada hubungan kamu.

Jika kamu menghabiskan malam kamu di ponsel atau komputer, kamu mungkin kehilangan waktumu dengan keluarga. Daripada mengecek media sosial dan mengikuti teman-teman virtual kamu, fokuslah pada orang-orang nyata dalam hidup kamu.

Jangan salah paham, teknologi itu hebat. Jangan biarkan teknologi menguasai kamar tidur kamu. Sebagai gantinya, habiskan waktu berkualitas dengan orang yang kamu cintai.

penulis: Nisa
sumber: berbagai sumber

Shares
Share This