Kaum Millenial Butuh Tipe Pemimpin Seperti Ini

Pemimpin yang Disukai Kaum Millenial – Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama bagi sebuah organisasi untuk menggapai kesuksesan. Setiap pemimpin, pasti akan selalu berhadapan dengan berbagai tantangan. Tantangan ini biasanya berbeda-beda, tergantung pada budaya dan kebiasaan yang dianut oleh masing-masing generasi di dalamnya. Termasuk di dalamnya adalah generasi Millenial.

Kaum Millenial tumbuh dan berkembang di era perkembangan teknologi informasi. Hal ini kemudian menjadikan karakter mereka berbeda dengan generasi pendahulu. Tentu hal ini membuat para pemimpin mau tak mau dituntut untuk mengikuti dan menyesuaikan gaya kepemimpinannya dalam mengelola generasi Millenial.

Jadi seperti apa sih tipe pemimpin yang disukai oleh kita-kita ini, para kaum Millenial perindu perubahan? Mungkin jika beberapa hal di bawah ini ada pada pemimpin kita, yakinlah perubahan itu tidak akan lagi menjadi hal yang kita rindukan.

1. Gaptek Bukanlah Sebuah Pilihan

Teknologi merupakan hal yang saat ini paling digemari oleh Kaum Millenial. Bukan hanya digemari, tetapi sudah menjadi bagian dari kehidupan dan mendarah daging pada Kaum Millenial.

Pemimpin yang melek teknologi alias gak gaptek akan sangat disukai oleh Kaum Millenial. Karena dengannya, akan dengan mudah dalam berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cara yang Kaum Millenial sukai, yakni memanfaatkan teknologi.

Jadi kami berharap, Bapak dan Ibu pemimpin dapat bersama-sama mengikuti perkembangan demi perkembangan dalam dunia teknologi dan informasi bersama kami semua, para Kaum Millenial.

2. Jangan Pernah Kau Tutupi

Kaum Millenial gak suka dengan sesuatu yang ditutup-tutupi. Segala sesuatunya harus jelas terlihat gamblang. Dengan adanya keterbukaan, maka kita bisa saling berkolaborasi dalam memajukan sebuah organisasi.

Pemimpin yang terbuka mau berbagi segala hal yang akan dan sedang dilalui dalam organisasi. Sehingga memungkinkan Kaum Millenial untuk ikut memberikan kontribusi dan dapat terus mengevaluasi kinerja selama ini.

3. Berbeda? Tapi harus Tetap Menerima dan Menghormati

Kita hidup di dunia ini tentu banyak sekali perbedaan yang ada di sekeliling kita, termasuk dalam sebuah organisasi. Antar sesama anggota organisasi satu sama lain pasti saling memiliki perbedaan, entah berbeda keyakinan, sifat atau yang lainnya.

Idealnya, seorang pemimpin harus dapat menciptakan sebuah organisasi yang solid, terlepas dari segala perbedaan yang ada. Serta harus tetap objektif dan tidak memelihara budaya senioritas. Karena perbedaan tercipta agar kita dapat lebih berusaha dalam belajar mencintai sesama.

4. Kerja Sama Kuy, Jangan Kerja Sendiri Aja

Kaum Millenial cenderung lebih suka bekerja sama secara tim ketimbang secara individual, soalnya ribet juga sih kalau kerjainnya sendirian. Oleh karena itu, mereka butuh pemimpin yang dapat menjadi jembatan penghubung dalam kerja sama. Pemimpin juga sebaiknya tahu bagaimana cara terbaik untuk mengarahkan Kaum Millenial.

5. Harus Punya Visi yang Jelas

Dan yang terakhir, tipe pemimpin yang disukai oleh Kaum Millenial adalah seorang pemimpin yang visioner. Hal ini akan memudahkan Kaum Millenial untuk dapat fokus dan lebih terarah dalam mengejar target.

Setelah Pilkada Serentak kemarin kita harapkan siapapun yang terpilih menjadi seorang Pemimpin di daerahnya masing-masing, dapat menaungi para Kaum Millenial agar kerinduan terhadap perubahan dapat menemui ujungnya. Semoga ke depan bangsa kita akan jauh lebih baik, terus lebih baik, dan menjadi yang terbaik.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This