Buat Kehidupan Profesionalmu Lebih Baik di 2018

CirebonMedia.com – Tahun baru resolusi baru. Bagi sebagian orang ketika tahun ingin berganti, mereka sempatkan waktu untuk memikirkan hal – hal yang akan dijalankan di tahun yang baru seperti saat ini. Seperti mencari inspirasi tentang resolusi tahun baru atau juga menetapkan sebuah – atau beberapa – goal yang akan mereka penuhi di tahun baru.

Sayangnya, tidak sedikit juga yang beranggapan bahwa resolusi tahun baru dibuat untuk dilupakan. Hal tersebut tentu bukan hal yang baik, karena banyak sekali yang dapat kita rencanakan dari resolusi tahun baru tersebut. Membuat resolusi tahun baru adalah hal yang sangat diajurkan, karena dengan perencanaan tersebut kamu akan memiliki sebuah pandangan optimis terhadap hal – hal yang akan terjadi didepanmu.

Karena itu, untuk kamu yang sampai dengan saat ini belum mempunyai resolusi tahun baru harus segera membuatnya untuk meningkatkan kualitas kerja professional dengan berbagi macam resolusi yang positif. Tidak ada kata terlambat bukan untuk memulai sesuatu yang baik?

Kamu dapat memulai untuk menetapkan beberapa goal yang dapat diukur serta masuk akal untuk meningkatkan kualitas kerja kamu. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang dapat kamu jadikan inspirasi  untuk membuat resolusi tahun barumu dan menjadikan dirimu pribadi yang lebih baik di tahun 2018.


Tetapkan Tujuan Karier

Sumber: Pexels

Coba kita renungkan bagaimana karirmu ditahun kemarin, apakah membaik atau malah memburuk? Berarti saat nya kamu mulai memikirkan bagaimana karirmu nanti kedepannya.

Cobalah untuk membayangkan tujuanmu kedepan, semisal:

  • Mendapatkan promosi jabatan
  • Barier di bidang impianmu
  • Menjadi seorang entrepreuner

Untuk mempermudah melaksanakannya, ada baiknya kamu membuat sebuah daftar pencapaian yang dibagi per tiga bulan. Daftar ini akan membantumu melacak sejauh mana progress yang telah kamu buat selama satu tahun untuk menggapai tujuan kariermu.


Buat Daftar Orang – Orang Yang Ingin Kamu Kenal Lebih Dekat

Sumber: Pexels

Dalam perjalanan karirmu selama setahun kedepan, kamu mungkin akan menemui banyak sekali orang, tetapi tetapkan sebuah daftar dari beberapa nama yang ingin kamu kenal lebih dekat. Bertukarlah kartu nama dengan mereka dan terhubunglah dengan mereka lewat sosial media. Menjadi seorang profesional, tentu menuntutmu untuk dapat memiliki jaringan profesional yang kuat. Lagi pula, tidak ada salahnya untuk membangun jaringan profesional yang lebih besar.

Siapa saja orang – orang yang bisa menjadi bagian jaringan profesionalmu?

  • Teman – teman lamamu yang lama tidak pernah bersuara.
  • Para influencer yang belum sempat bekerja sama.
  • Vendor yang pernah turut serta dalam event yang kamu buat.

Selama kamu meyakini bahwa orang – orang ini dapat membantu untuk memperlebar jaringan profesionalmu. Jangan segan – segan untuk mengenal mereka lebih dekat.


More Healthy for More Productivity

Sumber: Pexels

Tidak hanya para profesional, bahkan semua orang pasti akan berkeinginan agar ditahun yang baru mereka menjadi seorang pribadi yang lebih sehat, ramping dan bugar. Apabila sepanjang tahun ini kamu merasa bahwa kamu menghabiskan terlalu banyak waktu dikantor untuk bekerja, cobalah untuk menyisipkan lebih banyak waktu untuk berolahraga, baik sebelum maupun sesudah jam kerja.

Berolahraga bukan artinya kamu harus selalu pergi ke gym. Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan dikantor, seperti:

  • Lebih sering naik turun tangga
  • Memperbaiki postur duduk
  • Membawa bekal makan siang yang lebih sehat

Selain dari olahraga dan makanan yang sehat, kamu juga dapat berencana untuk memperbaiki waktu tidurmu. Tidur malam yang kurang dari enam jam akan membuat fokusmu berkurang sepanjang hari serta akan menyebabkan masalah tekanan darah dimasa depan.

Setarakan prioritas tidur sama seperti kamu memilih makanan yang sehat atau jenis olahraga yang kamu lakukan. Jika kamu mampu mengelola waktu tidur dengan baik, produktivitasmu sehari – hari dikantor akan jauh lebih baik dihari – hari ke depan.


Perkaya Diri dengan Pengetahuan dan Kemampuan Baru

Sumber: Pexels

Ketahui apa yang menjadi kekuatanmu, tetapi jangan lupakan aspek – aspek yang kamu anggap menjadi kelemahanmu. Setiap kekurangan yang ada padamu hampir semuanya dapat diubah jika kamu mengetahui cara terbaik untuk menyikapinya.

Bagaimana caranya?

  • Perkaya dirimu dengan berbagai informasi (membaca lebih banyak buku, mengonsumsi lebih banyak koten informatif).
  • Berbincang – bincang dengan para ahli yang berada di industri.
  • Mengikuti workshop, seminar, atau bahkan kelas khusus yang berkaitan dengan karir yang ingin kamu kejar.

Jika kamu tidak mengetahui kemampuan apa yang ingin kamu asah, penulis sarankan kamu untuk mempelajari ilmu pemrograman.

Programming bukan hanya untuk seorang programmer, tetapi banyak aspek yang dapat kamu pelajari dari ilmu pemrograman, seperti logika berpikir, penyelesaian masalah, ketelitian, serta tentu saja kamu dapat membuat sebuah solusi perangkat lunak yang bukan tidak mungkin akan membuka pintu karir baru yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya.


Tentukan Waktu Terbaik untuk Berlibur

Sumber: Pexels

Waktu terbaik untukmu merencanakan liburan selanjutnya adalah pada momen akhir tahun ini, karena disaat itulah kamu dan keluargamu sedang berkumpul. Apa saja yang harus diperhatikan?

  • Fokus pada pembahasan liburan apa yang kamu dan keluargamu inginkan, bukan destinasinya.
  • Aktivitas apa yang ingin kalian lakukan bersama yang terkasih?
  • Jenis akomodasi apa yang kalian inginkan?
  • Nuansa apa yang ingin kalian hadirkan diliburan bersama.

Dari pembicaraan tersebut, barulah kamu dapat menentukan destinasi liburan dan seluruh kebutuhan yang dapat mengakomodasi kamu dengan keluarga. Manfaatkan berbagai fitur menarik yang dihadirkan oleh perusahaan penyedia layanan travel, seperti reservasi yang dapat di-refund, kesempatan untuk dapat melakukan penjadwalan ulang penerbangan, serta kemudahan lainnya.


Berdasarkan inspirasi di atas, buatlah sebuah daftar goal yang ingin kamu raih di tahun yang baru. Bertanggung jawablah pada dirimu sendiri dan terus pantau perkembangan dari tiap goal yang kamu catat.

Evaluasi performamu di setiap kuartal, dan tentukan apa yang harus kamu lakukan untuk dapat menyelesaikan seluruh goal tersebut. Pada akhir tahun depan, seharusnya kamu sudah mampu menyelesaikan sebagian besar — atau bahkan seluruh goal tersebut.

Jangan menunggu keajaiban untuk terjadi pada dirimu, tetapi buatlah keajaiban itu agar dapat terjadi dan mengubah dirimu. Selamat mencoba dan selamat menjalani kehidupan profesional yang lebih baik di tahun yang akan datang!

 

Sumber: TechInAsia ID

(Diedit oleh Bams Putra)

Menu

Shares
Share This