STOP MAKAN GORENGAN !

Gorengan sudah menjadi camilan favorite di kalangan masyarakat. Selain harganya yang murah, gorengan juga memiliki rasa yang renyah dan gurih. Makan gorengan hangat di musim hujan tentu sangat nikmat. Hanya menghabiskan satu gorengan saja tentu tidak puas apalagi jika dinikmati bersama teman atau keluarga. Tak terasa gorengan pun habis dimakan lebih dari 5 potong gorengan. Padahal, gorengan adalah makanan yang paling tak disarankan untuk hidup sehat. Terlalu banyak makan gorengan akan menyebabkan timbulnya penyakit. Mengapa demikian ?

gorengan.
sumber: cookpad

Itu karena di dalam gorengan terdapat kadar lemak yang tinggi. Sumber lemak yang tinggi diperoleh dari minyak. Satu sendok teh minyak saja, sudah mengandung kurang lebih 50 kalori. Tetapi tidak mungkin Anda hanya menghabiskan satu sendok teh per harinya. Untuk itu, jika Anda ingin menjalankan hidup sehat, jangan terlalu banyak memakan gorengan.

Berikut penyakit yang timbul jika Anda banyak memakan gorengan.

  1. Kadar kolesterol tinggi

Kolesterol yang terdapat pada minyak goreng bekas akan menjadi lebih tinggi sebagai akibat dari pengendapan yang terjadi pada minyak goreng. Minyak tersebut akan membentuk lemak trans di tubuh yang dapat meningkatkan kolesterol.

  1. Dapat memicu penyakit jantung

Penyakit jantung terjadi akibat dari tingkat kolesterol yang tinggi.

  1. Dapat memicu tekanan darah tinggi

Sama seperti jantung, tekanan darah yang tinggi timbul akibat kadar kolesterol yang tinggi.

  1. Gatal pada tenggorokan

Gatal pada tenggorokan ini disebabkan oleh senyawa akreolin yang berasal dari pengendapan  minyak.

  1. Batuk-batuk

Minyak yang kotor dapat menyebabkan infeksi pada saluran tenggorokan hingga menyebabkan batuk kronis.

  1. Kanker

Kanker merupakan efek terparah yang terjadi akibat terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Ini disebabkan karena minyak pada gorengan yang sering dipakai berulang-ulang.

  1. Diabetes

Diabetes terjadi karena kolesterol yang tinggi

 

Dengan banyaknya penyakit yang timbul akibat terlalu banyak mengonsumsi gorengan, perlu kesadaran dari Anda, untuk belajar tidak mengonsumsi gorengan. Dengan memulai mengonsumsi makanan sehat, Anda akan terhindar dari penyakit berbahaya bagi tubuh Anda.

 

Penulis: Nita

Sumber: hallosehat.com

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This