BEBAS BERGERAK KAMANA SAJA DAN DIMANA SAJA

Bebas bergerak kemana saja adalah inovasi baru layanan pembayaran pajak. SAMSAT GENDONG(SAMDONG) adalah salah satu inovasi baru yang di keluar kan Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA). SAMDONG diharapkan dapat mempermudah para wajib pajak kendaraan bermotor dalam membayar pajak kendaraannya. Inovasi ini berawal dari diperlukannya pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang berada di lingkungan RT atau RW. Satu petugas polisi dan satu petugas SAMSAT  yang di bekali satu unit sepeda motor dapat menjangkau para wajib pajak yang ada di pelosok. Program ini sangat membantu wajib pajak yang kesulitan untuk membayar pajak.

Layanan jemput bola ini melayani pembayaran pajak di setiap RT dan RW agar wajib pajak tidak perlu mendatangi loket pembayaran pajak. Layanan yang sederhana namun cukup efektif mampu membantu masyarakat luas. SAMDONG juga melayani pengesahan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK),pembayaran PKB dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ).

BAPENDA Provinsi Jawa Barat terus melakukan sosialisali program ini. Sosialisasi ini di lakukan di pusat-pusat keramaian.Roadshow sosialisasi layanan pajak ini sudah di lakukan di beberapa kota di wilayah hokum Jawa Barat termasuk Cirebon.  Tanggal 18 november 2017 BAPENDA melakukan sosialisasi di salah satu Mall di kota Cirebon. Acara sosialisasi tersebut bertajuk “BEBAS BERGERAK” yang bertujuan mensosialisasikan layanan dan memperkenalkan SAMDONG untuk wajib pajak yang ada di kota Cirebon. Sesuai tema yang di usung BAPENDA ingin bergerak bebas kemana saja dan melayani dimana saja.

petugas melayani pembayaran pajak foto :bapenda.jabarprov.go.id

Layanan SAMDONG ini pertama kali diresmilan oleh Gubernur Jawa Barat Bapak Ahmad Heryawan pada tanggal 15 september 2015 di Cihampelas Walk kota  Bandung. Dengan wilayah Jawa Barat yang luas dan struktur geologinya yang komplek yang meliputi  daerah pegunungan di selatan dan daerah dataran rendah di utara. Atas dasar struktur wilayah ini lah BAPENDA Jawa Barat meluncurkan layanan SAMDONG. Layanan samsat yang telah diminimalisir ke dalam satu tas memudahkan petugas untuk membawanya menjangkau pelosok daerah.

Keberhasilan layanan SAMDONG ini dikarenakan aksesibiltas yang lebih tinggi di banding layanan samsat keliling yang menggunakan mobil dan cakupan area yang terbatas.Dengan diluncurkannya layanan SAMDONG diharapkan wajib pajak sadar pajak dan meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak.

 

sumber : dari berbagai sumber

 

penulis : rief

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This