Desa Cibuntu adalah salah satu desa yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan ini terletak pada eksistensi peninggalan purbakala. Desa ini terletak di kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat. Peninggalan purbakala menjadi salah satu keistimewaan daya tarik yang ada dalam desa tersebut. Peninggalan-peninggalan itu banyak ditemui di pekarangan-pekarangan rumah warga. Situs-situs purbakala yang terdapat di pekarangan rumah banyak berupa kuburan batu terawat dengan baik berasal  dari zaman MEGALITHIKUM, dan kuburan tersebut menyimpan kapak-kapak genggam yang juga terbuat dari batu.

Desa  yang terletak di perbatasan Kuningan dan Cirebon menjadi desa wisata yang mendapat penghargaan Nasional sebagai desa wisata terbaik ke dua tahun 2017. Terbentuknya desa wisata cibuntu tak terlepas dari hasil gotong royong beberapa komponen yang sadar akan potensi desa. Desa Wisata Cibuntu memiliki tiga elemen penting yaitu Pariwisata, Seni dan Budaya. Desa yang berpenduduk lebih kurang seribu jiwa ini membagi setiap wilayahnya  untuk keharmonisan hidup. Wisata Budaya dan Alam adalah tawaran yang di berikan kepada pengunjung yang datang ke desa ini.

situs batu peninggalan zaman megalithikum foto : berdesa.com

Desa Cibuntu memberikan pemandangan alam yang luar biasa indah dan memanjakan setiap mata yang melihat. Curug (air terjun) bongsreng melengkapi indahnya alam di Desa Cibuntu. Dibandingkan dengan desa lain atau Desa Wisata lain Desa Cibuntu sangat berbeda. Dengan peninggalan purbakalanya, keindahan alamnya yang membentang, curug gongseng  serta seni dan budayanya menjadikan desa Cibuntu prioritas utama wisata di kota Cirebon dan Kuningan.

curug bongsreng foto : ayo-hunting.blogspot.com

Peninggalan purbakala yang terawat dengan baik di desa ini menunjukan bahwa warga desa sangat peduli akan budaya dan sejarah desanya. Situs-situs peninggalan tersebut ada di beberapa tempat diantaranya Situs Bujal Dayeuh, Situs Hulu Dayeuh, Situs Sahurip Kaler, Situs sahurip kidul dan situs Cikahuripan. Beberapa situs purbakala yang didapat dari desa ini banyak tersimpan di museum CIPARI. Sentuhan dan perhatian pemerintah membuat desa Cibuntu mulai di kenal dan didatangi wisatawan domestik. Apa yang telah terbangun baik di dalamnya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menjaga dan melestarikannya.

 

 

Sumber : berbagai sumber

 

Penulis : rief

 

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This