Cirebon Media – MEMANFAATKAN GELOMBANG OTAK UNTUK TOTAL RELAKSATION, Musik bisa digunakan untuk terapi. Khususnya dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, baik kesehatan pikiran, jiwa dan lain sebagainya. Terapi musik diciptakan oleh para master hipnoterapi, memanfaatkan gelombang otak untuk total relaksation. Jika melakukan terapi ini, ditambah dengan menjaga pola hidup sehat, maka kita akan mendapatkan banyak manfaat. Diantaranya, membantu proses penyembuhan.

Mendengarkan musik relaksasi dapat mengurangi sensasi rasa nyeri, mengurangi rasa sakit kronis. Selain itu, musik relaksasi bagus digunakan untuk mengurangi konsumsi obat-obatan medis. Hal ini terjadi karena musik relaksasi memberikan kontrol yang menyebabkan tubuh melepaskan endorfin untuk melawan rasa sakit.

Mendengarkan musik relaksasi sekitar 30 menit setiap hari dapat juga membantu menurunkan tekanan darah, mengendalikan kerja jantung, utamanya mempercepat proses pemulihan, karena relaksasi akan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Menurut penelitian, musik relaksasi juga mampu menginspirasi seseorang menciptakan sebuah ide. Membuat kreatifitas lebih baik karena memiliki kekuatan untuk mengembangkan fungsi otak yang lebih tinggi. Meningkatkan kinerja daya ingat/memori, menjadikan kita memasuki kondisi rileks yang dalam dan memasuki kondisi bawah sadar dimana memori tersimpan. Selain itu musik relaksasi membantu mengurangi stres, bukan hanya menenangkan pikiran tapi juga fisik. Musik membantu dalam merelaksasi otot-otot yang tegang karena terlalu lama bekerja. Hal ini membantu melepaskan ketegangan yang disebabkan oleh suasana yang menantang. Kita akan mendapatkan perubahan yang positif dalam menjalani aktivitas keseharian karena ia menggunakan terapi gelombang otak total relaksation.

Oleh : Arif Agustian