Cirebon Media – Apakah kamu orang yang suka begadang? Biasanya orang yang sering tidur terlalu malam dikarenakan kesibukan yang mengharuskannya menyelesaikan suatu pekerjaan sampai larut malam, namun ada juga karena kebiasaan, seperti terlalu asyik menonton televisi dan bermain gadget.

Tidur merupakan kebutuhan pokok untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidur yang cukup akan membuat tubuh lebih fit di keesokan harinya.  Kebanyakan orang tidak tahu dampak buruk terlalu sering tidur malam. Bahkan, beberapa sumber menyebutkan, bahwa tidur terlalu malam ataupun kekurangan tidur bisa menjadi penyebab kematian mendadak.

Berikut efek yang ditimbulkan akibat sering tidur larut malam:

  1. Produktivitas terganggu

Mengantuk di tempat kerja merupakan efek kurang tidur, sehingga secara langsung berdampak pada penurunan produktivitas kerja. Mengantuk juga berisiko timbulnya kecelakaan saat perjalanan dari dan ke tempat kerja.

  1. Merusak sistem syaraf pusat

Saat tidur, otak akan mengistirahatkan syaraf yang sangat sibuk di siang hari, kemudian membentuk sel-sel baru yang menjadikan tubuh dan pikiran kembali segar di pagi hari. Untuk menjaga sisitem syaraf pusat salah satunya adalah dengan pola tidur yang sehat.

  1. Menimbulkan penyakit

Kurang tidur sangat beresiko pada kesehatan, penyakit akan mudah menyerang saat kondisi tidak fit. Bahkan, jika kurang tidur tersebut terjadi terus menerus dan berada pada tahap kronis, maka gangguan kesehatan yang akan muncul juga sangat serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan sebagainya.

  1. Penuaan dini

Mata panda merupakan salah satu akibat kurang tidur, efek tidur terlalu malam juga menyebabkan munculnya garis-garis halus di wajah, serta lingkaran gelap di sekitar mata yang sulit dihilangkan. Inilah yang sudah sering kita lihat pada anak-anak muda khususnya seorang pelajar.

5 Menjadi Pelupa

Organ otak melakukan proses alami untuk mengembalikan dan menggabungkan memori-memori yang sudah dialami sebelumnya, dimana proses ini hanya bisa terjadi saat tidur. Karena itulah tidur yang cukup adalah salah satu solusi agar tidak menjadi orang yang pelupa.

Sumber: https://halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/bahaya-akibat-tidur-larut-malam-bagi-kesehatan

https://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2016/09/bahaya-tidur-terlalu-malam.html

By Helda Damayanti & The Light Carrier