Tak Hanya Buahnya, Kulit Pisang Pun Punya Beragam Manfaat

Cirebonmedia.com- Pisang, buah yang memiliki warna kuning ketika matang ini banyak sekali digemari oleh banyak orang, rasanya yang nikmat menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa pun untuk mencicipinya. Selain memiliki rasa yang nikmat buah pisang juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh hal ini lah yang menjadi salah satu faktor mengapa buah ini begitu digemari.  Buah ini sangat mudah dijumpai, banyak sekali pedagang yang menjual buah tersebut.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah ini begitu digemari karena manfaat dan rasanya.

Banyak yang mengkonsumsi pisang dengan hanya memakan buah nya saja setelah itu kulitnya dibuang, akan tetapi kulit dari buah yang satu ini pun memiliki khasiat yang tak kalah engan daging buah pisang itu sendiri. Banyak orang mengabaikan kulit pisang, mereka membuangnya begitu saja padahal tanpa disadari mereka telah membuang kulit buah yang memiliki manfaat bagi tubuh.

Pasti anda mulai bertanya-tanya apa manfaat yang dimiliki oleh kulit pisang? kulit buah yang sring diabaikan? berikut adalah manfaat kulit pisang:

Mengatasi jerawat

Aplikasikan kulit pisang pada wajah dan tubuh selama 5 menit setiap hari. Cara ini ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel. Lakukan secara rutin selama satu minggu.

UV Protection

Kulit pisang mampu memproteksi mata dari paparan sinar UV yang berbahaya. Pastikan Anda mengaplikasikan kulit pisang di area sekitar mata sebelum terpapar sinar matahari. Cara ini juga sangat baik untuk mencegah katarak.

Penghilang sakit

Aplikasikan kulit pisang langsung pada area yang terasa sakit. Diamkan selama 30 menit hingga rasa sakit hilang. Anda juga bisa mencampurkan kulit pisang dengan minyak sayur agar dapat bekerja lebih optimal.

Kulit pisang

Memutihkan gigi

Gosok kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit sebelum Anda menyikat gigi seperti biasa. Cara ini ternyata bekerje efektif untuk memutihkan gigi tanpa membuang dana yang berlebihan.

Mengurangi tampilan kerut

Kulit pisang juga dapat melembapkan kulit sehingga akan meminimalisir tampilan kerut di wajah Anda. Caranya, hancurkan pisang dan campurkan dengan kuning telur. Gunakan masker ini pada wajah dan diamkan selama lima menit sebelum Anda membilasnya dengan air dingin.

Source: liputan6.com

Shares
Share This