Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

Cirebonmedia.com-  Kanker merupakan sebuah penyakit yang sangat ditakuti oleh manusia, karena kanker dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Kanker muncul sebagai momok yang menakutkan bagi setiap manusia dan hadir sebagai penantang abadi bagi dunia medis untuk menemukan formula atau cara agar dapat menyembuhkan dan membasmi sel kanker yang hingga saat ini belum juga ditemukan obat yang tepat untuk membasminya. Namun tahukah Anda, bahwa kanker serviks adalah penyakit pembunuh nomor satu para wanita? Kanker ini disebabkan oleh virus HPV (Human Papilloma virus) yang menyerang sistem reproduksi wanita. Namun, terkadang gejala kanker ini kurang diketahui oleh para wanita sehingga saat penyakit ganas ini menyerang , si penderita barulah menyadarinya.

Insiden terjangkitnya penyakit kanker serviks diperkirakan terjadi pada perempuan sebanyak 38.000/tahun, dengan angka kematian sekitar 80% (30.400/tahun). Bahkan sudah sekitar 70% – 82,3% para penderitanya datang dengan kondisi stadium lanjut. Rata-rata setelah 2 tahun, yang bertahan hidup tinggal 6% (data RSCM).

Untuk itu kita harus mencegah tumbuhnya sel kanker ini sejak dini untuk menghindari terjangkitnya kanker serviks pada tubuh kita. Ada cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker srviks sejak dini:

Hidup Sehat

Gaya hidup sehat akan jauh lebih baik dari pada hidup yang tidak teratur. Selain menjaga kesehatan, memiliki gaya hidup yang sehat akan terhindar dari beberapa penyakit yang akan menyerang tubuh, baik itu penyakit ringan maupun penyakit terberat sekalipun. Melakukan gaya hidup sehat sehari-hari dengan memakan makanan sehat kaya akan serat dan vitamin serta melakukan olahraga secara teratur akan dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh dengan memenuhi nutrisi untuk tubuh dengan baik yang mengurangi resiko terserang dari segala penyakit. Tidak bisa di pungkiri bahwa cara mencegah kanker serviks yang cukup penting adalah menjaga kesehatan agar kondisi fisik tidak lemah.

Melakukan Pap Smear

Cara mencegah kanker serviks yang paling umum adalah dengan melakukan tes pap smear. Papsmear adalah alat skrining untuk mendeteksi adanya kanker serviks. wanita seharusnya mulai melakukan tes mencegahan kanker serviks sejak berusia 21 tahun. Wanita yang berusia 21 hingga 29 tahun setidaknya menerima tes pap smear setiap 3 tahun. Pengujian untuk HPV tidak boleh digunakan untuk skrining jika masih dalam usia 21 sampai 29 tahun, kecuali untuk digunakan ke tahap yang lebih lanjut yaitu tes pap smear yang abnormal. Akan tetapi untuk wanita yang berusia 30 hingga 65 tahun diharuskan melakukan tes pap smear dan test HPV setiap 5 tahun. Wanita beresiko tinggi untuk terkena kanker serviks. Tes pap smear merupakan tindakan medis untuk memeriksa leher rahim hingga panggul rahim. Ini dilakukan agar kanker serviks tidak menyebar dan mencegah sebelum kanker menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Berhenti Merokok

Merokok juga salah satu penyebab dari kanker serviks, berhenti merokok atau menghindari asap rokok merupakan salah satu cara untuk mencegah kanker serviks. Bahaya rokok yang bisa menyebabkan kanker termasuk kanker serviks adalah karena adanya zat yang terkandung dalam rokok terdapat ribuan zat kimia yang bisa membahayakan kesehatan. Salah satu dari zat tersebut adalah nikotin, tar, dan karbon monoksida. Karbon monoksida yang terdapat pada rokok jika terus menerus dihirup maka akan mengikat hemoglobin darah pada tubuh, kalau hal ini terus berlanjut maka darah akan kehabisan oksigen dan hal ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker yang akan menyebar pada penyakit lainnya.

Source: Faktakanker.com

Shares
Share This