Ternyata Makanan Ini Bisa Merusak Gigi

Cirebonmedia.com- Menjaga kesehatan gigi merupakan suatu keharusan, karena jika tidak gigi kita bisa rusak dan berlubang, jika sudah demikian akan muncul rasa sakit ydisertai dengan nyeri pada gigi. Kondisi seperti itu sangatlah tidak mengenakkan karena rasa sakit yang ditimbulkan oleh gigi yang rusak atau berlubang bisa saja menghalau aktifitas hingga kinerja kita.

Gigi merupakan bagian dari tubuh yang memiliki fungsi  sebagai  alat pencernaan mekanik yang terdapat pada bagian mulut. Gigi berfungsi untuk merobek, memotong dan mengunyah makanan sebelum makanan tersebut akan masuk ke kerongkongan. Jika terjadi kerusakan akan sangat merepotkan, karena sangat sulit untuk mengunyah makanan padahal makanan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh sebab itu mari kita kenali makanan apa saja yang bisa merusak gigi kita.

Berikut adalah makanan yang bisa merusak gigi kita:

Popcorn

Anda tentu sudah sangat kenal dengan popcorn. Sudah lazim popcorn dikonsumsi apalagi saat menonton bioskop dengan teman. Popcorn dilahap tanpa curiga seiring diputarnya film kesayangan. Yang menjadi masalahnya adalah bahwa potongan-potongan kecil popcorn sering terjebak di celah-celah kecil gigi. Jika mereka dibiarkan di sana mereka dapat menumbuhkan bakteri di dalam mulut. Dan bakteri ini dapat menyebabkan kerusakan gigi, gigi berlubang, erosi enamel dan banyak penyakit gigi lainnya.

 

Roti

Beberapa orang masih tidak tahu bahwa kandungan gula dalam roti putih sangat tinggi. Dan berbahaya karena kecenderungan sisa roti terjebak di antara gigi. Jadi seperti popcorn anda harus rajin membersihkan gigi setelah mengkonsumsi roti. Dan karena kita biasanya memiliki roti saat sarapan ini menghasilkan efek tambahan karena ini berarti bahwa itu akan tetap di mulut anda untuk jangka waktu yang lebih lama dan memiliki pengaruh yang lebih besar untuk menyebabkan kerusakan.

Selai kacang

Memang benar-benar sulit untuk mengatakan tidak untuk yang satu ini, tapi kelezatan lengket dan manis ini adalah mimpi buruk gigi. Tidak hanya akan kandungan gula akan memberi makan bakteri yang hadir dalam rongga mulut tetapi sifat lengket akan menyebabkan ia menempel pada gigi untuk jangka waktu yang lebih lama sehingga meningkatkan kerusakan.

Salah satu makanan perusak gigi

Kue lembut atau permen dengan tekstur keras

Tidak perlu ditanya lagi kedua panganan ini sangatlah enak. Tapi permen keras merusak gigi dalam 2 cara. Pertama oleh polusi mulut dengan banyak sekali gula dan kedua dengan struktur keras, yang menempatkan banyak tekanan pada gigi ketika anda mencoba untuk menggigit permen itu. Dan dalam kasus yang ekstrim ini dapat menyebabkan gigi menjadi patah atau bahkan terkelupas.

Juga, kita semua suka kue lembut dan kenyal dan untuk alasan ini mereka dapat merusak gigi anda. Kandungan gula akan menyehatkan bakteri dan remah-remah kecil dari kue lebih dari mungkin terjebak di antara gigi dan menyebabkan kerusakan dari waktu ke waktu.

Namun anda tidak perlu khawatir untuk menikmati makanan ringan yang lezat ini asalkan diikuti dengan kebiasaan perawatan gigi yang meliputi menyikat gigi, dan menggunakan cairan pencuci mulut secara teratur.

Source: semuamanfaattumbuhan.blogspot.co.id

Shares
Share This