Deklarasi Bangsa Bumi Segandu Caruban Nagari

Cirebonmedia.com- Dalam kehidupan masyarakat masa kini banyak sekali melahirkan lembaga- lembaga swadaya masyarakat yang kemudian bergerak untuk membantu masyarakat yang dinalai kurang diperhatikan dari segi kesejahteraan, tujuannya ialah agar tidak ada lagi masyarakat yang harus hidup di bawah garis kemiskinan seperti yang telah dilakukan oleh Lembaga swadaya masyarakat Bangsa Bumi Segandu caruban Nagari.

Latar belakang berdirinya Lembaga swadaya masyarakat ini ialah sesuai dengan tema yang mereka usung “jadilah manusia yang memayungi nusantara sebagai pusat bumi, bersinar laksana cahaya, penerang di caruban nagari, menjelma menjadi terub nagari( pelindung negara) dan menebar salam dari bumi untuk langit. Di sini sangat jelas terlihat bahwa lembaga swadaya yang juga bisa disebut sebagai Non Goverment Organisation sangat mencintai kedamain dan rasa empati tinggi terhadap sesama.

Belum lama ini, lembaga swadaya masyarakat Bangsa Bumi Segandu caruban Nagari melakukan Deklarasi yang bertempat di Desa Pengarengan Kabupaten Cirebon pada tanggal 18 Maret 2017.  Acara yang dihadiri banyaknya tamu undangan dari berbagai golongan dan tokoh masyarakat sekitar ini, berlangsung sangat meriah, para tamu undangan membaur menjadi satu dengan semangat saling menghargai dan membantu sesama.  Kemeriahan terasa semakin kental ketika pihak penyelenggara menampilkan kesenian tradisional Cirebon yaitu Tari Sintren yang sudah melegenda.

Menurut Agus Zaenuddin selaku Ketua Dewan Pendiri dari Lembaga swadaya masyarakat Bangsa Bumi Segandu Caruban Nagari menuturkan ” Kami adalah lembaga swadaya masyarakat, kita bergerak di sosial kontrol dan juga sosial masyarakat, diadakan deklarasi ini untuk meberi rasa syukur terhadap lembaga kami, lembaga ini lahir 11 maret 2017. tujuannya adalah untuk mengenalkan kami kepada khalayak ramai dan juga wujud dari eksistensi kami untuk sosial kontrol di kabupaten cirebon, untuk menjadi lebih baik kedepannya, lembaga ini mudah-mudahan selalu solid, dan kita mampu memberi warna serta perubahan khususnya bagi Kabupaten Cirebon.” Ujarnya.

Ikrar Bangsa Bumi Segandu caruban Nagari

Diakhir acara tersebut beliau juga mengajak para anggota untuk mengucapkan ikrar janji yang berbunyi sebagai berikut:

Kami Bangsa Bumi Segandu caruban Nagari  dengan ini berikrar

  1. Bertakwa kepada tuhan yang maha esa
  2. Siap menjaga dan mepertahankan pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa indonesia
  3. Siap menjaga dan mempertahankan keutuhan negara republik Indonesia
  4. Menjunjung tinggi nilai budaya dan adat istiadat serta menjunjung tinggiakhlakul kharimah
  5. Setia dan patuh terhadap aturan lembaga Bangsa Bumi Segandu caruban Nagari

 

Shares
Share This