Anda Sering Marah? Berikut Adalah Cara Cepat Menghilangkan Marah

Cirebonmedia.com- Manusia terlahir dengan berbekal akal yang membedakannya dengan makhluk hidup lainnya yang ada di bumi, selain akal manusia juga dibekali nafsu yang biasanya mampu memunculkan emosi pada diri manusia dan salah satunya ialah luapan emosi yang kita kenal dengan marah. Hal ini sangat wajar terjadi akan tetapi jika tidak segera diredam perasaan semacam ini bisa menimbulkan masalah.

Marah adalah emosi dasar yang dialami oleh semua manusia. Biasanya disebabkan oleh perasaan tidak senang yang terjadi karena merasa tersakiti, tidak dihargai, berbeda pandangan, atau ketika menghadapi halangan untuk mencapai tujuan. Menurut Mawardi Labay El-Sulthani, marah adalah suatu luapan emosi yang meledak-ledak dari dalam diri yang dilampiaskan menjadi suatu perbuatan untuk membalas kepada orang yang menyebabkan marah. disimpulkan bahwa marah adalah gejolak emosi yang diungkapkan dengan perbuatan atau ekspresi untuk memperoleh kepuasan.

Memang sesekali meluapkan kemarahan baik agar tidak stres akan tetapi masih dalam tingkat kewajaran dan sebisa mungkin kita harus cepat menghilangkan kemarahan kita agar tetap menjaga stabilitas lingkungan disekeliling kita. Lalu bagaimana cara menghilangkan amarah dengan cepat? Simak tips berikut:

Ambilah waktu untuk menenangkan diri

Cobalah mengambil waktu untuk membuat neurotransmitter di otak menjadi lebih tenang serta menurunkan tingkat stres yang ada. Kurangi stimulasi eksternal dari lingkungan sekitar, misalnya dengan meredupkan lampu, mendengarkan musik yang tenang atau melakuakn yoga untuk mengusir kemarahan dari dalam tubuh.

Melakukan olahraga ringan

Olahraga atau latihan fisik ringan seperti berjalan, jogging, berenang atau bersepeda adalah cara alami untuk mengurangi stres dan kemarahan. Hal ini karena saat berolahraga tubuh akan melepaskan zat kimia di dalam otak yang membantu seseorang untuk santai atau rileks, serta memberikan waktu untuk berpikir sehingga seseorang memiliki lebih banyak energi.

kemarahan 500X500 Saat marah cobalah untuk diam sejenak dan berhitung secara perlahan

Ketika sedang marah terjadi lonjakan adrenalin, karena itu penting untuk melatih diri sendiri dalam mengatasi lonjakan ini. Ambilah napas panjang beberapa kali secara perlahan sambil menghitung sampai 10 (atau 50 jika memang perlu). Dalam kondisi tenang ini cobalah pikirkan kembali apa yang harus dikatakan atau dilakukan agar tidak menyesal nantinya.

 

Shares
Share This