KONSENTRASI LEWAT MUSIK

Cirebon Media – Musik, menurut pakar psikologi, punya manfaat yang luar biasa, baik untuk fisik maupun psikologis. Karena musik melukiskan pemikiran dan perasaan manusia lewat keindahan suara. Orang yang suka mendengarkan musik umumnya punya kondisi psikis yang tenang, jiwa serasa selalu di refresh, sehingga dalam beraktivitas, umumnya akan lebih semangat. Bahkan pada momen tertentu, musik bisa mengembalikan seseorang kembali berkonsentrasi. Karenanya, musik sangat berpengaruh pada kondisi psikologi manusia. Bahkan saat ini musik sudah ada yang dijadikan alat untuk mengolah gelombang otak manusia, hal ini di buat oleh para ahli hipnotherapi

Percaya atau tidak, orang yang gemar mendengarkan musik punya taraf hidup yang lebih nyaman dan tenang, terhindar dari perasaan depersi dan stres, karena musik juga memberikan kekuatan mentalitas yang baik bagi pendengarnya. Orang yang punya mental kuat, emosi yang tenang, hidupnya akan lebih nyaman dan santai,dan itu akan membuat kepercayaan dirinya menguat.

Musik memberikan manfaat bagi siapa saja yang mendengarkannya, entah itu anak-anak, orang dewasa maupun orang tua, bahkan dalam proses perkembangan janin pun, musik sudah dapat memberikan manfaat.

 

Beberapa Jenis musik yang dapat digunakan untuk terapi.

 

Musik bertema melankolis. Dalam kondisi normal bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri. Sementara jika didengar di saat sedih, bisa mempermudah bagi seseorang untuk menahan rasa duka.

Musik bertema trance. adalah jenis musik yang mengandung ungkapan rasa ceria yang luar biasa. Jenis musik semacam itu cocok untuk menyembuhkan orang yang mengalami tekanan mental atau stress.

Musik yang berirama melow dan melankolis merupakan jenis musik yang menyayat perasaan. Musik semacam itu bisa menurunkan asupan sejumlah komposisi kimia dalam otak.

Musik yang bernada ceria dengan sentuhan irama yang menenangkan. Musik seperti ini bisa meningkatkan gairah hidup dan memunculkan perasaan positif, sehingga bisa meningkatkan daya kerja. Jenis musik ini juga sangat bermanfaat untuk membangkitkan semangat dan keceriaan di kalangan anak-anak ataupun remaja.

Musik bertema semangat merupakan jenis musik yang bisa membangkitkan reaksi kuat dan cepat yang disertai dengan tanggapan fisiologis. Jenis musik ini sangat diminati kalangan muda. Jika dimanfaatkan secara tepat, jenis musik ini bisa berdampak positif dan meningkatkan semangat.

Musik relaksasi. Musik ini bernuansa lembut, monoton, dan datar. Kelembutan musiknya itu bisa menenangkan perasaan dan emosi manusia. Musik jenis ini dimanfaatkan untuk meningkatkan konsentrasi dan menyeimbangkan emosi

 

Oleh : Arif Agustian

Shares
Share This