Kurt Cobain, Vocalist Legendaris Yang Meninggal Tragis

Cirebonmedia.com- Dunia musik sempat mengenal sosok fenomenal yang memiliki raambut panjang berwarna pirang, Kurt Cobain. Penggemar musik di seluruh dunia pasti mengenal sosok yang satu ini, melalui skill musiknya, ia mampu melahirkan karya-karya legendaris yang masih dinikmati banyak orang sampai hari ini.

Penyanyi sekaligus gitaris dari band Nirvana ini lahir di Aberdeen, 20 Februari 1967 dan meninggal di Seattle, 5 April 1994 pada umur yang masih tergolong sangat muda untuk seorang musisi yaitu 27 tahun. Kurt adalah penyanyi, penulis lagu dan gitaris dalam band grunge dari Seattle, Nirvana. Dengan suksesnya grup musik ini, Kurt Cobain menjadi selebriti nasional dan internasional, suatu posisi yang disandangnya dengan berat hati.

Sebelum menyandang status Rock Star, kehidupan Kurt dalam keluarganya begitu suram, terutama sejak perceraian orangtuanya, ketika ia berusia sembilan tahun. Peristiwa itu menjadi bencana emosional terbesar dalam hidupnya. Kurt jadi membenci orangtuanya. Apalagi ketika ayahnya menikah lagi dan ibunya berpacaran dengan pemuda yang umurnya hanya tujuh tahun lebih tua darinya. Peristiwa itu mengubah Kurt menjadi sosok pemurung, tertutup, dan berandal. Kurt kemudian mulai berkenalan dengan dunia obat-obatan hingga akhirnya putus sekolah. Mungkin inilah awal yang membuat pola hidup nya menjadi berantakan dikemudian hari serta kematian tragisnya kelak.

Perla han namun pasti, Kurt Cobain mulai karir bermusiknya, kesulitan dan kecemasan sempat menaungi pria berambut pirang tersebut. Setelah mendirikan Group Band yang diberi nama Nirvana yang terinspirasi dari tayangan televisi tengah malam yang menayanggkan acara berbau Budha. Pada 1991, “Smells Like Teen Spirit” lagu yang membuatnya dan band Nirvana melejit , menandai bermulanya perubahan besar dalam musik pop dari jenis musik yang populer pada tahun 1980-an seperti glam metal, arena rock, dan dance-pop menjadi grunge dan rock alternatif. Selain itu lagu-lagu tulisan Cobain lainnya misalnya About a Girl, Come as You Are, In Bloom, Lithium, Heart-Shaped Box, All Apologies, dan Rape Me.

Kurt Cobain mulai melejit, banyak poster tentang dirinya terpampang di berbagai sudut kota, lagunya diputar dihampir seluruh radio, namanya dipuja bak pahlawan, masyarakat mengaggumi karya yang telah ia lahirkan. Konsernya selalu dihadiri ribuan orang yang mengagumi dirinya. Sampai dikemudian hari disalah satu konsernya ia bertemu dengan Courtney Love. Kurt Cobain mulai jatuh hati pada nya dan kemudian keduanya mulai memutuskan utnuk menjalin rumahtangga bersama.

Pada titik inilah kemudian pelan-pelan mulai terlihat sisi-sisi suram popularitas sebagaimana dialami Kurt. Sikap dan gaya hidup Kurt yang memang penuh kontradiksi dan kontroversi, keterlibatannya dengan dunia narkoba, menurut pengakuan Kurt Cobain juga dipicu oleh penyakit perut yang dideritanya sejak lama. Kisah kehidupan keluarganya dengan Courtney Love, semua menjadi bahan menarik untuk diangkat media.

Sang Vocalist yang meninggal tragis

Hal ini membuat Kurt Cobain merasa tidak nyaman dengan media yang memburu dan kemudian menuliskan berita mengenai kehidupannya. Kurt kadang mengalami semacam paranoid terhadap media, khawatir bila ternyata apa yang diberitakan tentangnya justru sesuatu yang tak ia sukai, entah itu karena berupa fitnah maupun semacamnya. Rasa putus asa dalam mengatasi problem kecanduannya serta untuk memperbaiki kehidupan keluarganya, baik dalam relasinya dengan kedua orang tuanya maupun keluarganya sendiri, mengantarkan Kurt pada satu kondisi depresi yang luar biasa. Akhirnya, di awal April 1994, Kurt ditemukan bunuh diri di rumahnya dengan meledakkan kepalanya sambil mengonsumsi obat-obatan, setelah beberapa hari sebelumnya kabur dari rumah sakit di Los Angeles, tempat ia dirawat untuk mengatasi kecanduannya.

Akhir tragis dari seorang vicaloist yang legendaris, sangat disayangkan seorang rock star sekelas Kurt Cobain harus meninggal dunia dengan cara bunuh diri, padahal ia sedang berada dalam kejayaan dalam karir bermusiknya.

Shares
Share This