Jika Kamu Susah Bahagia, Mungkin Inilah Penyebabnya

Sebagai manusia biasa, rasa putus asa dan lelah pada kehidupan itu bisa datang kapan saja. Masalah-masalah selalu berdatangan, dan kamu bingung harus mencari solusi untuk yang mana dulu, sampai-sampai kamu berpikir hidupmu tidak bahagia.

Hidup memang berat, semua orang mengakui itu. Tapi juga semua orang mengalaminya. Jadi, kamu tidak sendiri. Tapi terkadang yang membuat hidupmu terasa lebih berat dari yang lainnya justru hal-hal yang kamu lakukan sehari-hari tanpa kamu sadari. Mungkin hal-hal di bawah ini sering kamu lakukan?

1. Terlalu banyak memikirkan hal yang tidak perlu

Saat kamu merasa harimu begitu melelahkan dan pikiranmu begitu penuh dengan hal-hal yang harus dipikirkan, coba deh cek lagi. Mungkin sebenarnya kamu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang nggak perlu. Mau makan, kamu galau dulu memikirkan berapa kalori yang akan masuk tubuhmu. Lagi diPDKT-in sama cowok, kamu sudah memikirkan kemungkinan di masa depan kira-kira dia akan selingkuh apa nggak. Daripada dipikirin mati-matian, jalani saja hidupmu.

2. Selalu merasa kurang

Semua nikmat yang sudah kamu miliki kamu tidak mensyukurinya. Semua hal dilihat dari sisi kekurangan saja. Harta, rezeki, status, pendidikan, pangkat, bahkan hidup hanya dilihat dari sisi kurangnya saja. Sekecil apapun yang kamu miliki, tetaplah bersyukur karena masih banyak orang di luar sana yang lebih kekurangan darimu.

3. Baperan

Kamu nge-chat teman dan temanmu itu cuman nge-read doang dan kamu langsung berasumsi kalau temanmu itu membencimu, tidak peduli denganmu, dll. Ngirim sms ke pacar, udah setengah jam nggak dibales kamu berpikir dia udah bosan sama kamu. Asumsi-asumsi itu harus kamu buang jauh-jauh. Daripada negative thinking, pikirin aja hal-hal yang positif.

4. Standard kamu terlalu tinggi

Standard tinggi sebenarnya wajar saja untuk dimiliki semua orang. Namun terkadang, standar tinggi tentang suatu hal juga menjadi salah satu penghalang seseorang dalam mendapatkan kebahagiaan. Bagaimanapun itu, hal yang harus kamu ingat adalah kebahagiaan tidak membutuhkan barometer.

5. Kurang komunikasi

Hal terakhir yang membuat kamu kurang merasa bahagia adalah karena kamu kesepian. Hal ini terjadi jika kamu kurang memiliki hubungan dengan orang lain di sekitarmu. Akan lebih baik kalau kamu memiliki teman, sedikitpun tidak masalah asal bisa mewarnai harimu.

Penulis : Nisa

Shares
Share This