6 Tipe Pilihan Karir Ini Bisa Dijadikan Panduan Untuk Fresh Graduate

Bagi beberapa orang, memilih pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Apalagi pekerjaan yang sesuai dengan minat dan tipe kepribadian kita. Padahal, menjalani pekerjaan dengan kriteria yang ‘kita banget’ umumnya akan lebih nyaman, selalu bahagia karena apa yang dikerjakan sesuai dengan minat dan kepribadian. Biasanya, kesuksesan juga otomatis akan mengikuti.

Untuk memudahkan pekerjaan apa yang cocok, pilihan karier berdasarkan teori John Holland yang dikaitkan dengan tipe kepribadian tertentu mungkin bisa membantumu.

1. Tipe intelektual

Jika kamu adalah tipe orang yang punya kecenderungan untuk mempertanyakan sesuatu dan senang menganalisis atau memecahkan teka-teki dari hal-hal abstrak, kamu masuk ke dalam tipe intelektual. Sebelum bertindak atau mengambil keputusan, umumnya kamu suka mengumpulkan banyak informasi. Kamu juga gemar mempertanyakan jawaban yang nggak didukung oleh data rasional. Karena kriteria keberhasilanmu bersifat objektif dan bisa diukur, kamu akan memerlukan waktu yang bertahap dan cukup lama untuk memecahkan masalah.

Pekerjaan yang cocok adalah periset, peneliti, pengembang perangkat lunak, ahli (fisika, kimia, biologi, matematika), psikolog, psikiater, dosen, dan pustakawan.

2. Tipe realistis

Orang yang memiliki tipe realistis menyenangi hal-hal yang sifatnya praktis. Mereka suka bekerja menggunakan keterampilan secara langsung, lugas dan mengesampingkan teori. Biasanya, tipe orang ini punya kelebihan berupa kecakapan khusus, koordinasi motorik yang kuat, dan kekuatan otot. Tapi kurang memiliki kecakapan verbal dan kepekaan dalam hubungan dengan orang lain. Mereka juga menyenangi pekerjaan dengan objek yang konkret, pasti, dan nyata.

Pekerjaan yang cocok adalah teknisi, mekanik, insinyur, penerbang, operator mesin, pengawas bangunan, dan ahli listrik.

3. Tipe konvensional

Si pemilik tipe konvensional ini adalah orang-orang dengan watak kepribadian yang teratur, tertib, rapi, efisien, sistematis dan peduli rincian. Biasanya juga tekun dan gigih melakukan pekerjaan rutin. Mereka menyenangi bahasa dan angka-angka yang tersusun dengan baik dan sangat menghindari situasi yang sifatnya kabur atau nggak jelas. Tingkat keberhasilan dalam pemecahan masalah akan nampak dengan jelas dan memerlukan waktu yang relatif singkat.

Pekerjaan yang cocok adalah staf administrasi, sekretaris, perencana keuangan, pengolah data statistik, pegawai arsip, akuntan, aktuaris, pegawai bank dan yang berhubungan dengan pemberkasan.

4. Tipe sosial

Orang yang mempunyai tipe sosial punya ciri-ciri pandai bergaul dan berbicara, responsif, bertanggung jawab, berjiwa sosial, dan lebih berorientasi pada perasaan. Mereka adalah orang-orang yang ahli dalam hal membuat kesepahaman atau kesepakatan dengan orang lain.

Pekerjaan yang cocok adalah: pengajar, pekerja sosial, konselor, misionari, terapis, mediator, perawat, dan penasihat.

5. Tipe usahawan atau enterprising

Orang-orang dengan tipe usahawan ini punya keahlian untuk mempengaruhi orang lain dan punya jiwa memimpin. Mereka sangat bias beradaptasi dengan lingkungan, suka tantangan dan persaingan, dinamis, ambisius, nggak suka mengerjakan hal-hal detail tapi lebih menyenangi hal-hal yang sifatnya besar.

Pekerjaan yang cocok adalah pengusaha, sales, marketing, pengacara, politikus, manajer, perwakilan dagang, dan aktivis lingkungan.

6. Tipe artistik

Orang yang mempunyai tipe artistik senang mengekspresikan diri dan menghindari keadaan yang bersifat interpersonal, keteraturan, atau keadaan yang menuntut keterampilan fisik. Mereka biasanya juga tipikal orang yang pandai memecahkan masalah karena mereka mampu memadukan antara sisi kreatifitas dan intuisinya dengan data atau informasi rasional yang mereka dapatkan dari lingkungannya. Orientasi mereka adalah pada cita rasa, perasaan dan imajinasi.

Pekerjaan yang cocok untuk tipe artistik adalah desainer, pelukis, komposer musik, editor buku, sutradara, penyair, artis dan segala bentuk pekerjaan yang berkaitan dengan seni.

Sumber : Hipwee.com
Penulis : Nisa

Shares
Share This