Mengantuk Saat Bekerja? Coba Lakukan Hal Ini

Pekerjaan yang menumpuk di kantor sering membuat kamu merasa lelah, apalagi kalau pulang malam dan masih terus membawa pekerjaan ke rumah. Hati-hati, banyak karyawan akhirnya merasa ngantuk saat bekerja di kantor. Setelah makan siang biasanya kamu mulai mengantuk dan enggan bekerja. Bahkan beberapa karyawan bisa ketiduran di depan komputer saking ngantuknya.

Kopi dan minuman berenergi lainnya sering menjadi pilihan saat mata dan badan sudah mulai lelah. Padahal kafein pada kopi jika terlalu banyak mengkonsumsinya juga tidak baik bagi tubuh kamu. Terlepas dari apakah kafein sehat atau beresiko, masih banyak cara alami lain untuk mengusir rasa kantuk saat bekerja.

Kevin Daum, salah seorang enterpreneur yang berasal dari Amerika Serikat dengan penjualan dan pemasaran lebih dari US$ 1 miliar mengungkap cara untuk mengusir kantuk tanpa kafein seperti dikutip dari inc.com.

Jalan-jalan Ke Luar

Cahaya lampu, monitor komputer, dan Air Conditioner (AC) bisa membuat kamu ngantuk. Jalan-jalan selama 15 menit di luar kantor dapat membantumu mendapat udara segar, melihat pemandangan baru juga membuat badan lebih segar.

Berolahraga

Karyawan lain pasti menganggap kamu aneh saat berolahraga di tengah kantor. Tapi menggenjot detak jantung lebih cepat akan memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh. Cobalah jumping jack, lompat tali atau sedikit yoga, bahkan kamu juga bisa lari-lari di tangga kantor. Lakukan minimal sampai kamu berkeringat.

Olah Otak

Jika sulit menstimulus badan, pancing otak kamu bekerja. Mengisi teka teki silang atau main Sudoku dapat menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Selain itu, kamu juga bisa adu cepat bekerja dengan karyawan lain.

Dinginkan Kepala

Sadarkan dirimu kawan, minum air super dingin yang ditambahkan lemon tanpa gula. Makin diminum kantukmu akan semakin hilang, dan cipratkan sedikit airnya ke mukamu. Cara lain, cobalah letakkan potongan es di pergelangan tangan atau di dahi. Dingin ya guys, sedingin sikapnya si dia.

Ngemil

Sedikit ngemil juga membuat kamu terjaga, hindari makanan berat atau camilan yang terlalu manis. Selain buah-buahan, makan rujak juga bisa membuat kamu melek.

Pompa Adrenalin

Tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja kamu sudah tak mengantuk lagi.

Ganti Posisi Tubuh Kamu

Posisi duduk kamu juga bisa menjadi pemicu rasa kantuk. Kamu bisa menggantinya dengan duduk tegak sambil menyilangkan kaki, atau coba untuk berdiri sebentar kemudian duduk lagi.

Wangi-wangian

Simpan lotion atau parfum dengan wangi yang menyegarkan. Jika kamu mulai mengantuk, oleskan di pergelangan tangan atau di dekat hidung. Hindari wangi lavender, karena kamu akan lebih ngantuk dibuatnya.

Menari

Pakai headphone dan dengarkan lagu favorit serta menarilah sepuasnya selama 10 menit. Beberapa orang pasti menertawakanmu, tapi rasa malu itu justru akan membantumu mata untuk kembali melek.

Bercanda

Bercandalah dengan karyawan lain selama 5 menit. Tertawa bisa membantu tubuh kamu bergerak dan menghilangkan rasa kantuk. Jika kamu tipe orang yang tidak bisa bercanda, tonton video lucu dan tertawalah.

Belanja Online

Pikirkan soal membeli hadiah untuk orang yang kamu sukai. Mencari hadiah lewat situs-situs belanja online akan membantu menyegarkan mata dan kamu tidak akan mengantuk lagi, happy shopping good friends!

Telepon Ibu

Yang satu ini memang terdengar cukup aneh, tapi percakapan dengan seorang ibu akan membuatmu terjaga. Mungkin karena ikatan emosional antara kamu dan ibu. Lagipula, baik juga untukmu untuk sering menghubunginya.

Penulis : Afip Maulana
Sumber : www.inc.com