Nggak Semua Orang Sama, 8 Multiple Inteligensi Ini Perlu Kamu Tahu

Setiap orang diberkahi kepintaran yang berbeda-beda oleh Tuhan, baik kepintaran akademik maupun non-akademik, dan tergantung pada usaha untuk mengembangkannya.

Orang yang tidak pintar pada salah satu mata pelajaran bukan berarti ia bodoh. Namun, ia memiliki kecerdasan lain yang mungkin belum diketahui.

Teori oleh Howard Gardner

Teori Multiple Intelligence oleh Prof. Howard Gardner dikembangkan dengan maksud setiap orang memiliki bermacam-macam kecerdasan dengan kadar pengembangan yang berbeda. Menurutnya kecerdasan adalah suatu kumpulan kemampuan atau keterampilan yang dapat ditumbuhkembangkan.

Setidaknya ada 8 multiple intelligent yang harus kamu ketahui

1. Linguistic (Language Smart)

Kecerdasan linguistik adalah kemampuan mengolah kata-kata, tata bahasa secara efektif. Orang dengan kecerdasan ini lebih tertarik membuat sajak, puisi, dan cerpen dibandingkan membuat pembukuan akuntansi.

2. Visual and Spatial (Picture Smart)

Dalam kategori ini, kemampuan menggambar, melukis, membuat karikatur, dan teknik pengambilan gambar termasuk kedalamnya.

3. Kinesthetic (Body Smart)

Kecerdasan kinestetik adalah kemampuan dalam menggunakan gerak tubuh secara terampil sehingga membuat orang lain tertarik hanya dengan melihat bahasa tubuh yang digunakan.

4. Mathematic (Logic Smart)

Biasanya orang yang memiliki kemampuan ini selalu mengambil kesimpulan berdasarkan data yang ada beserta alasan yang dapat menguatkan.

5. Musical (Music Smart)

Orang dengan kempuan ini dapat menikmati, membedakan, mengamati, mengarang, dan mengekspresikan berbagai jenis musik bahkan mereka dapat memepelajarinya dengan waktu yang cukup singkat.

6. Interpersonal (People Smart)

Mereka dengan kemampuan ini selalu memberikan motivasi dan membuka aura positif pada banyak orang. Mereka akan dengan mudah memberikan memotivasi dan mempengaruhi orang untuk mengikuti apa yang dia katakan. Mereka juga biasanya akan mudah untuk mengatur pola pikir orang lain.

7. Intrapersonal (Self Smart)

Terkadang ada seseorang yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri atau mengubah mood nya sendiri tanpa bantuan orang lain, inilah orang dengan kemampuan intrapersonal. Mereka sangat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri.

8. Naturalistic (Nature Smart)

Mereka ini orang-orang yang sangat mengerti tentang alam, tidak hanya pohon tetapi segala elemen. Tipe ini sangat mengerti tentang keseimbangan alam, bagaimana berinteraksi dengan hewan, tumbuhan dan segala elemen yang berada di alam. Biasanya mereka senang memelihara hewan ataupun berbagai tanaman.

Penulis : Nisa

Shares
Share This