Jangan Remehkan 5 Hal yang Menyebabkan Depresi Ini

Depresi merupakan penyakit yang disebabkan oleh stres namun dengan tingkat keparahan yang lebih tinggi. Depresi dapat menyerang siapa saja. Meskipun kelihatannya tidak terlalu serius kita tetap tidak boleh meremehkannya. Depresi akan menjadi sangat parah jika terus dibiarkan dan justru akan menjadi lebih berbahaya.

Apa saja sebenarnya yang dapat menyebabkan deperesi itu terjadi?

depresi
penyebab depresi foto: blog.gajinpot.com

1. Faktor genetika

Hal utama yang yang menjadi faktor depresi adalah faktor genetika. Seorang peneliti dari Columbia University dan New York State Psychiatric sendiri memeriksa remaja dengan rata-rata usia 18 tahun. Kemudian orangtua dan kakek nenek mereka juga diperiksa.

Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa anak yang memliki orang tua ataupun kakek nenek yang sering mengalami depresi memiliki resiko dua kali lipat untuk mengalami hal yang sama. Termasuk keinginan yang besar untuk ketergantungan akan narkotika atau bunuh diri.

2. Kurang tidur

Kurang tidur memang bisa memicu depresi. Jika seseorang tidak mengutamakan kebutuhan ini, mereka tidak hanya berisiko terserang penyakit kronis seperti penyakit jantung, tapi juga kondisi emosionalnya. Kondisi emosional yang tidak stabil ini sangat mempengaruhi suasana hati seseorang.

3. Penggunaan medsos yang berlebihan

Saat seseorang melihat postingan orang lain seperti liburan, cara berpakaian, makanan, ataupun hal-hal menarik lainnya maka secara tidak langsung seseorang akan menbanding-bandingkan dirinya dengan dengan postingan tersebut.

Hal itu akan menjadi rasa iri tersendiri apalagi jika seseorang sedang merasa bosan dan merasa tidak beruntung karena tak mengalaminya.

4. Penyakit kronis

Menghadapi penyakit kronis bukan hanya menantang fisik, tapi juga emosional. Orang yang mengidap penyakit kronis seperti jantung, diabetes, kanker lebih mungkin mengalami depresi menurut Badan Pengandalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat.

Namun, para ilmuwan belum menentukan mana yang jadi sebab dan mana akibat. Penyakit kronis menyebabkan depresi, atau depresi yang memicu penyakit kronis.

5. Peristiwa traumatis

Banyak orang yang melaporkan bahwa peristiwa traumatis terjadi sebelum mereka menjadi depresi. Pengalaman menyakitkan seperti kematian, perceraian, penyakit yang sulit disembuhkan, atau masa kecil yang sulit, seringkali menjadi penyebab depresi.

Proses penyelesaian masalah juga berhubungan dengan proses pemulihan seseorang dari depresi. Jika proses operasi yang seseorang inginkan terasa menyakitkan dan lama, sulitnya masa kecil yang dilewati seseorang membuat proses penyembuhan dari depresi bisa menjadi lebih lama.

Penulis : Nisa

Shares
Share This