Menjaga Perilaku untuk Kesan Positif

Sumber : Brightside

Etika merupakan hal penting untuk memberikan kesan pertama yang baik yang tidak hanya berlaku untuk para pejabat saja. Dasarnya ada beberapa tingkah yang sangat di perhatikan orang ketika pertama kali bertemu, nah etika itu yang akan memberikan kesan pertama.

Kesan pertama yang baik bisa memberikan citra yang positif dan memperluas koneksi yang kalian miliki. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memberikan kesan positif:

1. Mendengarkan Dengan Penuh Perhatian

Dalam komunitas ada 2 hal yang pasti terjadi, seseorang berbicara dan seseorang yang mendengarkan. Kemampuan mendengar sama pentingnya dengan kemampuan berbicara, maka dari itu latihlah kemampuan untuk mendengarkan orang lain dengan penuh perhatian.

Jangan terlalu sering melirik hp ketika teman sedang berbicara karena itu akan memberikan kesan yang buruk. Jika topik memang membosankan, cobalah alihkan saja dengan cara sopan dan ramah.

2.  Jangan Terlalu Terbuka Dengan Orang Yang Baru Kenal

Keterbukaan memang baik untuk komunikasi, tapi sebaliknya jangan terlalu terbuka dengan orang yang baru kita kenal karena justru bisa memberikan kesan negatif. Hal pribadi seperti masalah keuangan, agama dan penyakit yang diderita sebaiknya di ceritakan kepada teman dekat saja karena tidak semua orang menghargai komunikasi pribadi dan justru menimbulkan pertentangan.

3. Menggunakan Parfum Secukupnya

Banyak orang memakai parfum secara berlebihan ketika takut tercium bau tidak sedap oleh orang lain, itu bukanlah hal yang baik untuk di lakukan. Memakai parfum berlebihan bisa menyebabkan bau parfum ke orang lain yang berjarak jauh dari kita, padahal belum tentu suka dengan bau parfum yang kita pakai.

4. Jangan Mesra-mesra-an di Depan Umum

Orang yang masuk cinta, terutama remaja memang sangat sulit menyembunyikan perasaannya bahkan di depan umum. Berpelukan dan berciuman di depan umum adalah hal yang biasa di dunia barat, tapi di dunia timur hal itu termasuk di larang termasuk di Indonesia.

Dengan melakukan tindakan tidak senonoh di depan umum maka kalian menunjukkan sikap tidak menghormati orang lain dan pasangan kalian.

5. Jangan Men-seruput minuman

Ketika makan bersama orang lain juga harus menjaga sikap. Jangan makan dan minum dengan cara yang rakus dan mengeluarkan suara-suara ketika sedang mengunyah makanan. Terutama untuk yang menggunakan pipet atau sedotan untuk minum, jangan mengeluarkan suara ketika menyedot minuman karena akan memberikan kesan bahwa kalian adalah orang yang rakus.

6. Jaga Jarak Dengan Lawan Jenis

Jangan terlalu senang atau terlalu akrab meskipun dia adalah teman dekat, terutama kalau dia sedang bersama orang lain. Coba mulai dengan komunikasi lisan dan tunggu responnya. Setelah itu perkenalkan diri kalian kepada rekannya.

7. Wajib Sopan Kepada Semua Orang

Kita harus sopan kepada semua orang tanpa memandang usia dan kedudukannya. Banyak orang hanya sopan kepada orang yang berstatus, sifat seperti itulah yang harus dihindari. Semua orang pasti ingin diperlakukan dengan sopan. Misalnya, ketika memanggil guru atau orang tua wajib menunjukkan rasa hormat.

 

Sumber : Kaskus

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This