Hindari Dehidrasi Dengan Minum Air Putih

Sumber : Healtline

Minum air untuk memenuhi kebutuhan adalah hal yang biasa, tapi masih ada saja yang lupa kebiasaan yang harus dilakukan ini. Menurut studi dari Center for Disease Control and Prevention, hanya sekitar 43% orang yang minum delapan gelas atau lebih setiap harinya.

Dehidrasi merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan cairan akibat jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk. Pada tingkat ringan dehidrasi bisa merusak sel-sel tubuh. Sedangkan pada tingkat berat dehidrasi dapat menyebabkan penurunan kesadaran, koma , hingga meninggal dunia.

Dehidrasi mudah diatas, Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi dehidrasi:

1. Minum Air Setiap 15 Menit

Dehidrasi dapat diatasi dengan minum air putih (mineral) setiap 15 menit sekali. Kalau Kamu banyak beraktivitas, Kamu perlu minum lebih dari 8 gelas air per harinya.

2. Kurangi Minuman Berkafein

Minum Teh, kopi, atau minuman bersoda juga perlu dikurangi, karena mengandung kafein yang bersifat diuretik. Semakin sering kamu berkemih, semakin banyak cairan yang hilang.

3. Minum Cairan Elektrolit

Pemulihan dehidrasi bisa lebih cepat dengan meminum cairan elektrolit atau larutan gula garam buatan sendiri. Caranya, larutkan 1 sendok teh gula dan sejumpai garam ke dalam 200cc air.

Tanda-Tanda Dehidrasi

Kamu juga harus mengenali tanda-tanda seseorang mengalami dehidrasi, berikut ini beberapa tanda-tanda jika tubuh kekurangan cairan:

1. Sakit Kepala

Sakit kepala akibat dehidrasi bisa terasa ringan sampai terasa sangat berat, ketika tubuh kamu tidak memiliki cukup cairan, otak Kamu bisa berkontraksi atau mengecil sementara. Hal itu akan membuat otak Kamu “menarik” diri dari tulang tengkorak yang menyebabkan rasa sakit.

2. Warna Urine Kuning Pekat

Jika kebutuhan cairan mencukupi, warna urine Kamu akan berwarna kuning terang transparan. Namun jika warna urine menjadi kuning pekat, itu tandanya kamu kekurangan cairan.

3. Bau Mulut

Ketika kamu haus, mulut akan memberi sinyal. Dan orang lain juga akan kena imbanya. Dehidrasi dapaat membuat mulut kurang memproduksi saliva, yang dapat membuat bakteri tubuh lebih cepat dan membuat mulut mengeluarkan bau yang tidak enak.

4. Kulit Kering

Ketika kau tidak memiliki cukup cairan tubuh, Kamu tidak akan memiliki pasokan darah yang cukup yang mana bisa membuat kulit kamu kering.

5. Mudah Lelah

Ketika dehidrasi, Kamu kekurangan volume darah. Pada akhirnya hal tersebut akan membuat otot mudah lelah dan daya tahan menjadi semakin berkurang. Bagi yang berolahraga akan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih. Hal itu terjadi karena kurangnya cairan dan elektrolit di dalam tubuh yang membuat oksigen lebih sulit terserap oto dan otak. Ini membuat kamu lebih cepat lelah.

 

Sumber : GueSehat

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This