5 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Jantung

Gaya hidup sehat bukan hanya dilihat dari banyaknya gerak dan olahraga. Tapi, kesehatan juga ditentukan oleh konsumsi makanan yang sehat. Banyak makan-makanan yang mengandung lemak, dapat mengundang banyak penyakit kronis.

selain olahraga, kita juga harus menjalani pola makan sehat. Ada banyak makanan sehat yang dapat dipilih, tetapi makanan apa yang cocok untuk kesehatan jantung? Simak penjelasan berikut ini.

      1. Ikan Salmon

Salah satu kandungan ikan salmon adalah lemak omega-3. Zat ini merupakan jenis asam lemak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Lemak jenuh ini dapat menyehatkan jantung dengan cara mengurangi terjadinya peradangan di seluruh tubuh. Jika peradangan ini terjadi dan tidak dapat dikendalikan, hal ini dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan penyakit jantung. Lemak omega-3 juga dapat membantu menurunkan trigliserida atau kolesterol jahat dan tekanan darah.

      2. Sayuran Hijau

Makanan selanjutnya yang dapat menyehatkan jantung adalah sayuran. Pasalnya sayuran berdaun hijau dan berserat ini memiliki banyak potasium. Senyawa ini sangat baik untuk menjaga sistem sirkulasi. Selain untuk jantung, sayuran seperti bayam yang mengandung banyak zat besi sangat berguna untuk mempertahankan jumlah darah yang sehat dan sangat bagus untuk kesehatan.

      3. Berry

Buah berry yang penuh dengan antioksidan yang mengurangi peradangan di tubuh dan menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan jantung. Selain itu, antioksidan pada buah ini memantu menghilangkan kerusakan radikal bebas di sistem tubuh. Serat dan vitamin C yang terkandung di dalamnya juga membantu melancarkan darah.

Sumber: Pixabay

      4. Oatmeal

kandungan seratnya yang luar biasa, oatmeal dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Oatmeal mengandung tipe khusus dari antioksidan yang disebut dengan avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL atau dikenal dengan kolesterol baik. Bijia-bijian gandum ini juga mengandung asam lemak omega 3 dan potasium yang menjaga kesehatan jantung dengan memastikan bahwa darah tetap sehat.

      5. Buah Sitrus

Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh American Chemical Society, buah sitrus seperti jeruk dapat membantu mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung. Mereka menemukan bahwa antioksidan dalam buah jeruk menurunkan stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh manusia, sesuatu yang dapat membahayakan kesehatan jantung.

sumber: detik.com, aldodokter
Oleh: Siti SMKN 1 Palasah
Shares
Share This