Buku merupakan jendela dunia. Buku sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Namun, seringkali buku hanya dianggap sebagai sesuatu hal biasa yang tak bernilai jika kita tidak membacanya. Maka dari itu, sangatlah penting untuk kita untuk membaca. Dengan membaca, ilmu kita akan bertambah.

Buku. Sumber : www.Google.com

Membaca sangatlah penting, karena dengan membaca kita mampu meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi mereka yang melakukan. Namun kegiatan membaca belum banyak dilakukan, khususnya bagi para remaja. Hal ini menjadi keprihatinan banyak pihak, baik pendidikan, orang tua maupun pemerintah. Upaya-upaya untuk membangun kesadaran masyarakat untuk gemar membaca pun telah lama dilakukan dengan banyak cara. Sayangnya, hal tersebut belum banyak membuahkan hasil.

Berdasarkan hasil survey lembaca internasional yang bergerak dalam bidang pendidikan, United Nation Education Society and Cultural Organization (UNESCO), minat membaca penduduk Indonesia jauh di bawah Negara-negara Asia. Jepang, Amerika, Jerman dan Negara maju lainnya dengan kebiasaan masyarakat membaca bukunya, telah berimbas pada begitu pesar peradabannya. Masyarakat Negara tersebut sudah menjadikan busu sebagai sahabat yang menemani mereka ke manapun mereka pergi. Kadang kita lihat buku tak pernah lepas dari tangan ketika membeli tiker, menunggu kereta, di dalam bus, di bandara maupun di tempat-tempat lainnya.

Di Indonesia, kebiasaan ini belum tampak. Di zaman sekarang, remaja membaca buku apabila sedang membutuhkan sumber untuk mengerjakan tugas. Fenomena seperti ini juga sering terjadi saat seorang mahasiswa sedang menyusun tugas akhir atau skripsi.

Akibat dari kurangnya budaya membaca, pola piker remaja menjadi praktis dan itu membuat mereka mudah frustasi, dengan membaca pola piker seseorang akan lebih terbuka dan banyak hal-hal positif yang akan didapatkan.

Beberapa alasan penting membaca setiap hari adalah :

  1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Dengan memiliki banyak wawasan dan ilmu pengetahuan, kita akan lebih percaya diri dalam menatap dunia. Mampu menyesuaikan diri dalam berbagai pergaulan dan tetap bisa bertahan dalam menghadapi gejolak zaman.

  1. Membantu mengasah kecerdasan

Otak ibarat sebuah pedang, semakin diasah kan semakin tajam. Sebaliknya jika tidak diasah, akan menjadi tumpul. Ini adalah fakta terbukti bahwa semakin anda berpikir, semakin cerdas.

  1. Meningkatan kosakata

Menurut para ahli, keuntungan dari membaca dapat memberikan dampak yang menyenangkan bagi otak kita. Membaca juga membantu meningkatkan keahlian kognitif dan meningkatkan perbendaharaan kosakata karena banyak kata dan frase yang mungkin belum pernah anda dengar.

  1. Membantu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi

Membaca adalah cara yang paling dianjurkan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik, cenderung banyak membaca.

  1. Bermanfaat meningkatkan konsentrasi.

Saat anda membaca buku, kegiatan ini memaksa anda untuk melupakan segala sesuatu yang lain. Ini adalah metode yang bagus untuk mengalihkan perhatian anda bahkan ketika anda sedang stress karena sesuatu. Ketika anda membaca buku, anda tidak dapat berpikir tentang sesuatu yang lain pada waktu yang sama. Oleh karena itu, seiring berjalannya waktu, konsentrasi anda akan menjadi lebih baik dan fokus.

  1. Membantu menenangkan pikiran

Membaca adalah metode luar biasa yang dapat anda gunakan. Ini akan menjaga pikiran anda tetap tenang dan melupakan segala sesuatu yang lain.

  1. Membantu meningkatkan daya ingat

Penelitian telah membuktikan bahwa jika anda tidak menggunakan memori anda selama periode waktu, anda akan cenderung tidak mengingat hal-hal. Ketika anda membaca, itu adalah semacam latihan untuk melatih memori anda. Karena membaca melibatkan mengingat plot, karakter, dan rincian lainnya untuk memahami bagian akhir, maka hal ini akan meningkatkan memori anda.

  1. Mejaga pikiran anda dari kekhawatiran yang tidak perlu

Bila anda memiliki keinginan, pikiran anda cenderung tidak sabra atau kadang memiliki kekhawatiran tentang segala sesuatu. Membaca adalah metode yang baik untuk menghindari stress yang tidak diinginkan. Membaca membuat pikiran anda sibuk dan hanya memikirkan momen saat itu.

  1. Membaca adalah penghiburan yang baik

Setiap kali anda merasa bosan, ambil sebuah buku yang bagus dan mulai membaca. Anda tidak akan menyadari betapa jam lewat begitu cepat.

  1. Meningkatkan pemahaman

Membaca dapat meningkatkan pemahaman dan memori, yang semula tidak dimengerti menjadi lebih jelas setelah membaca. Logika sederhana saja, tidak mungkin siswa atau mahasiswa memahami materi pelajaran atau kuliah jika mereka tidak membaca. Dari sini jelas bahwa membaca sangat berperan dalam membantu seseorang untuk meningkatkan pemahaman terhadapat suatu bahan atau materi yang dipelajari.

  1. Membaca membuat anda semakin bijaksana

Membaca membantu anda untuk memahami perspektif orang lain. Ini membuat anda belajar dari pengalaman dan kesalahan orang lain. Selain memberi anda pengetahua, juga memberi anda hikmah.

  1. Membagun kepercayaan diri

Membaca membuat anda bijaksana, cerdas, berpengetahuan dan juga meningkatkan keterampilan komunikasi. Kualitas ini secara otomatis akan membuat anda merasa lebih percaya diri diantara orang-orang. Anda akan dapat melibatkan diri dalam percakapan dengan hampir semua orang karena anda akan memiliki kebijaksanaan yang cukup untuk tahu kapan saatnya untuk berbicara, dan pengetahuan yang cukup untuk mengetahui apa yang harus dibicarakan.

  1. Membantu untuk membangun nilai diri

Membaca bermanfaat membantu membangun nilai diri atau kualitas diri yang anda miliki tentang diri anda. Nilai diri sangat penting bagi individu untuk merasa baik tentang dirinya sendiri dan bagi mereka untuk menjadi bahagia.

Singkatnya, membaca adalah salah satu hobi bagi seseorang untuk dapat berkembang. Ada buku-buku untuk semua kelompok umur, sehingga anda tidak pernah terlalu tua atau tidak pernah terlalu muda untuk menjadi pembaca.

 

Sumber :  www.waspada.co.id, www.bramardianto.com

Shares
Share This