Marvel Comics

Marvel adalah nama salah satu perusahaan di Amerika Serikat yang memproduksi buku komik dan media lain yang berkaitan. Marvel pertama kali didirikan dengan nama “Timely Publications” pada tahun 1939 dan sempat berganti nama menjadi “Atlas Comics” sebelum akhirnya menjadi “Marvel Comics” pada tahun 1961. Marvel menjadi salah satu penerbit buku komil terbesar bersama dengan perusahaan DC Comics.

Marvel terkenal karena telah menciptakan komik-komik populer seperti Captain Amerika, Spider-Man, Iron Man, Hulk, Thor, Black Widow, Doctor Strage, Daredevil, Molverine dan Ant-Man. Dan tim sepertiĀ  Avengers, Guardians of the Galaxy, Fantastic Four, dan X-Men, lalu antagonis seperti Doctor Doom, Red Skull, Green Goblin, Ultron, Doctor Octopus dan lainnya.

Sejarah Berdirinya Marvel Comics

Timely Publications merupakan cikal bakal dari Marvel Comics. Sumber: devianart

Pada awalnya, perusahaan komik ini bernama Timely Publications yang didirikan pada tahu 1939 oleh Marting Goodman yang berkantor di New York. Komik yang diterbitkan oleh perusahaan ini bertema pahlawan super, atau yang biasa kita sebut adalah superhero. Komik pertama terbitan perusahaan Timely ini adalah komik Marvel Comics #1 yang diterbitkan pada bulan Oktober 1939. Dan yang paling melegendaris adalah komik Captain Amerika yang terjual hingga satujuta coppy. Dirilis pada bulan Maret 1941.

Atlas Comic. Sumber: Wikipedia

Industri komik bergenre Superhero ini memiliki penurunan usai Perang Dunia II. Akibat fenomena ini, perusahaan komik ini memperluas genrenya selain superhero. Pada masa ini pula, tepatnya pada tahun 1951, Timely berganti nama menjadi Atlas Comics. Selama memakai nama Atlas Comics, perusahaan ini lebih banyak memakai genre yang sedang populer sebagai genre komik-komik mereka.

Atlas Comics berganti nama menjadi Marvel Comics pada tahun 1961 sampai sekarang. Bermula dari majunya kembali genre superhero yang dipopulerkan oleh pesaingnya, DC Comic, dengan tokoh Superman, Flash, dan tokoh Justice League lainnya. Marvel merupakan subsidiary dari The Walt Disney Company, yang sepakat untuk membeli Marvel Entertainment sebesar USD 4 miliar pada tahun 2009. Dengan demikian, perusahaan pencipta Mickey Mouse dan Snow White itu berhak atas lebih dari 5000 karakter komik Marvel, termasuk Spiderman, Iron Man, dan X-Men.

 

Dikutip Dari: Wikipedia
Dikutip Oleh: Siti.J SMKN 1 Palasah
Shares
Share This