Stainless Straw atau “Dikokop”

AA Bucek AA Bucek
  • 3 bulan
  • 232
  • 0

Persoalan sampah plastik di Indonesia bukan hal yang tabu lagi. Di kutip dari situs web CNN Indonesia, dalam data Dirjen Pengelolahan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan) Tuti Hendrawati Mintarsih menyebut total jumlah sampah Indonesia di 2019 akan mencapai 68 juta ton, dan sampah plastik di perkirakan akan mencapai angka 9,52 juta atau 14 persen dari total sampah yang ada.

Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua penghasil sampah plastik ke laut mencapai 83,4 juta ton. Lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya, dan 50 persen dari kantong plastik tersebut di pakai hanya sekali lalu di buang. Dari angka tersebut, menurut Tuti, hanya 5 persen yang benar – benar di daur ulang.

Pemakaian sedotan plastik dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi permasalahan dalam sampah plastik. Sebagai generasi muda, harus bisa menanggulangi pemakaian dari bahan plastik tersebut. Dalam menanggulangi, atau mengurangi adanya penggunaan plastik yang sampai saat ini masih menjadi hal yang meresahkan, dan merugikan, belakangan ini sedang maraknya sedotan yang terbuat dari bahan stainless steel guna untuk pengurangan penggunaan sedotan plastik yang tak ayal sering kita gunakan setiap harinya.

Stainless Straw
Stainless Straw

Dengan adanya sedotan stainless atau biasa di sebut “Stainless Straw” membantu pengurangan penggunaan plastik yang biasa digunakan setiap harinya oleh masyarakat Indonesia. Sedotan stainless ini terbuat dari bahan stainless steel yang bisa di pakai dalam jangka waktu lama, atau di pakai beberapa kali, hanya di cuci atau di bersihkan setelah memakai sedotan stainless ini bisa di pakai kembali. Sedotan ini juga praktis untuk di bawa kemana-mana, dan membuat lebih sehat tanpa adanya bahan kimia yang biasanya terdapat dalam plastik.

Untuk mendapatkan sedotan stainless ini, sangat mudah. Sudah banyak di jual di berbagai macam toko online yang ada di web, instagram, facebook, dan sosial media lainnya.
Harga nya pun terjangkau, kisaran mulai dari Rp 6.000,- per pcs.

Menenggak langsung dari gelas
Menenggak langsung dari gelas

Selain mengganti dengan sedotan stainless, kalian bisa juga melakukan hal lain, dengan cara minum secara “dikokop” atau diartikan minum langsung dari gelas atau botol minuman. Cara ini lebih praktis dan menghemat dompet, juga lebih sehat untuk kesehatan bibir kalian.

Jadi, mari kita lakukan hal-hal tersebut guna untuk kenyamanan dan kebaikan bersama mengurangi pengolahan sampah plastik yang sangat banyak dampak yang terjadi.

Source: ARH.

Shares
Share This