Connectivisme (New Learning Method)

Masa kini dimana manusia semakin produktif menghasilkan zaman yang semakin canggih. Salah satu buktinya adalah internet, sebagai New Learning Method, yang menghadirkan beragam informasi bagi para penggunanya. Tidak sebatas itu, sekarang dengan adanya Internet, komunikasi antar sesama juga bisa dilakukan lebih mudah, kapan saja, dimana saja, bahkan dengan jarak yang sangat jauh sekalipun. Tanpa terkecuali  semua orang bisa menggunakan layanan ini, tergantung pada apa yang dibutuhkan. Businessman, Ibu Rumah Tangga, para pengajar, dan tentu saja para pelajar.

Sudah tidak bisa disangkal, para Businessman sangat membutuhkan layanan ini untuk keperluan bisnis mereka yang akan terlaksana dengan sangat mudah. Ibu Rumah Tangga juga tidak lepas dari Internet. Walaupun terlihat tidak ada hubungannya, mereka ternyata bisa menggunakan layanan ini untuk keperluan dan kebutuhan rumah sehari-hari, seperti mencari kebutuhan rumah tangga lewat market online yang akan mempermudah mereka, atau mencari Informasi aneka resep makanan, dan lain sebagainya. Begitu pun para pengajar, untuk dapat lebih cepat mencari dan menelaah berbagai metode pengajaran, tentu internet sangat membantu mereka. Dan yang tak kalah urgentnya saya kira, para pelajar sangatlah membutuhkan layanan ini. mereka dapat sangat mudah dan cepat dengan mengakses internet untuk keperluan belajar mereka.

Menjadi pelajar, sudah seharusnya memiliki banyak wawasan, dan juga mampu mengerjakan banyak hal dengan tepat. Tugas para pelajar sangatlah banyak dengan berbagai hal yang kompleks, juga terkadang rumit. Nah, untuk itu Internet datang dengan gaya yang baru dan modern menyediakan sarana yang kemudian mempermudah mereka dalam mengerjakan segala hal. Mengakses Informasi, mengirim file, berkomunikasi, bahkan untuk hiburan pun semua tersedia tentunya dengan mudah dan cepat. Tidak perlu khawatir lagi jika mengalami berbagai kesulitan dalam belajar lalu tak ada rujukan untuk bertanya, New Learning Method ini akan menjawab semua pertanyaan kapanpun, dimanapun, dan tentang hal apapun.

Terkait manfaat-manfaat internet bagi pelajar, tentunya yang paling utama adalah Mahasiswa. Berbeda dengan sekolah yang langsung menyediakan bahan pembelajaran bagi siswa-siswinya, perkuliahan tidak lagi demikian. Karena sudah Mahasiswa, maka mereka dituntut untuk mandiri dan memiliki jiwa intelektual. Para Dosen hanya masuk untuk kemudian memberikan materi-materi perkuliahan yang nantinya harus mereka gali sendiri sumber informasinya. Entah lewat referensi buku ataupun PDF. Sudah sangat jelas internet sangat membantu perkuliahan, apalagi ketika Mahasiswa mengalami bergbagai kebingungan pada suatu materi, internet senantiasa memberikan pandangan kepada mereka dan menghadirkan berbagai Informasi yang tepat dan berdasar.

Menurut saya, Kuliah Daring ini sangatlah bagus. Karena era sekarang sudah menjadi era tekhnologi maka sebagai pelajar kita tidak boleh istilahnya ketinggalan zaman, Mahasiswa terutama. Melihat banyaknya sisi positif dari internet yang bisa kita manfaatkan kenapa tidak untuk menggunakannya. Yak, internet memang bukan tanpa cela. Segala sesuatu pasti memiliki sisi positif dan juga sisi negatif, yang perlu kita fokuskan disini hanyalah sisi positifnya saja. Semua yang kita dapatkan tergantung yang kita lakukan. Jadi internet bisa menjadi suatu hal yang baik atau buruk itu tergantung kepada penggunanya, bukan semata-mata karena internet akhirnya kita menjadi rusak. Internet tidak akan memberikan hal-hal negatif apapun kepada kita jika kita benar-benar menggunakannya untuk kemudian mengambil manfaatnya kepada kita para pelajar.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui pertanyaan, ternyata dapat diketahui bahwa banyak orang yang tidak tertarik melanjutkan studi pendidikan online dibandingkan dengan orang orang  yang tertarik. Dan menurut penelitian juga mengungkapkan bahwa pendapat tentang  lulusan perguruan tinggi sistem online dengan sistem konvensional tidaklah sama. Tentu saja, Mahasiswa dengan sistem online akan lebih mandiri, produktif, cerdas, dan memiliki jiwa intelektual yang tinggi. Tetapi, hanya sebagian orang saja yang tertarik dengan sistem ini. mungkin hal ini dipengaruhi oleh budget yang mengharuskan penggunanya memiliki sarana dan media yang memfasilitasi mereka. Oleh karena itu, Negara-negara  yang mayoritas penduduknya adalah peminat pendidikan online  menurut hasil penelitian tahun 2013 kebanyakan dari kalangan Negara maju.

Shares
Share This