Saat Kepepet, Kamu Punya Kekuatan Untuk Melakukan Hal Mustahil

Setiap keputusan yang kita ambil selalu diiringi dengan resiko. Resiko yang harus dihadapi pun beragam. Hal ini membuat kita harus pintar-pintar mengatur strategi agar tetap berjalan pada tujuan. Terkadang resiko yang haru dihadap ini tak bisa berdamai dengan waktu. Waktu terus berjalan tapi risiko yang harus dihadapi belum juga bisa diatasi.

Meski waktu dan kesempatan selalu membuat terdesak, ada saja ide-ide yang terlintas di kepala. Contohnya saat kamu sudah terlalu lama menganggur dan tabungan menipis, pilihan membuka usaha terpaksa diambil. Padahal kamu tahu bahwa membuka usaha seperti ini sangat mustahil untuk dilakukan. Secara kamu payah banget dalam urusan keuangan.

Mungkin kamu heran kenapa ide dan kreativitas bisa muncul justru saat-saat terdesak seperti ini?

Bisa jadi inilah alasannya :

1. Produksi hormon adrenalin meningkat

Saat sedang kepepet, rasanya waktu berjalan lebih cepat. Kamu pun seperti berlari tapi rasanya tak pernah sampai ke tujuan. Situasi seperti membuatmu menjadi deg-degan dan buru-buru. Wajar kalau dalam situasi ini kamu inginnya cepat selesai dalam melakuan sesuatu. Sebab saat itu, produksi hormon adrenalin meningkat, sehingga kinerja otakmu pun terpacu untuk lebih cepat dalam memikirkan sesuatu. Walaupun sering tak fokus, tapi kamu justru menemukan ide-ide baru. Kinerja otak memang ajaib sekali.

2. Otakmu membayangkan kejadian buruk yang akan terjadi

Setiap orang pasti memiliki rasa takut masing-masing. Ada yang takut terhadap binatang, ada pula yang takut pada sebuah keadaan. Nah di saat kepepet, otakmu tak hanya bekerja untuk berpikir lebih cepat, tapi juga membayangkan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Karena tidak mau itu terjadi, ada sesuatu di dalam dirimu yang memaksamu untuk melakukan sesuatu dengan cara apapun itu.

3. Seseorang punya kemampuan tersembunyi yang baru bisa keluar saat situasi seperti ini

Seseorang tidak akan pernah benar-benar tahu seberapa mampu dirinya berusaha, sebelum ditempatkan pada titik terendah dalam hidupnya. Salah satu titik terendah ini bisa dirasakan saat kamu berada di situasi yang kepepet dan terdesak. Seperti sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Meskipun rasanya miris, di sinilah kekuatan yang sebenarnya dari dalam dirimu akan keluar. Misal kamu yang dulunya nggak enakan sekali jadi berani menagih hutang ke teman karena memang sudah benar-benar tak punya pegangan lagi.

4. Kamu punya lebih banyak motivasi dari dirimu sendiri

Manusia adalah makhluk motivasi. Sebab tanpa motivasi, manusia tak akan punya ambisi untuk melakukan sesuatu. Motivasi ini bisa didapat dari banyak hal. Namun yang paling cepat mempengaruhi adalah ketika kamu sedang kepepet dengan keadaan. Saat kepepet, motivasi yang timbul dalam dirimu akan dua kali lipat. Ini membuatmu mencoret kata “tidak bisa” dalam kehidupan.

Penulis : Nisa