Makanan Sehat Perusak Gigi

Makanan perusak gigi. Terkadang kita berpikir suatu makanan memiliki manfaat dan sehat untuk dikonsumsi. Tapi yang sering terlupakan adalah walaupun sehat untuk tubuh, bisa saja mereka memiliki potensi untuk merusak gigi.

Gigi merupakan bagian dari tubuh yang mudah terlihat dan memiliki pengaruh terhadap penampilan. Jadi, tentu kita ingin menjaga gigi agar selalu sehat.

Untuk menjaga gigi agar selalu sehat dan tidak membusuk diperlukan perawatan yang rutin. Lakukanlah perawatan gigi yang dengan cara hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung sifat asam berlebih dan manis.

Buah Citrus

Buah citrus mengandung asam sitrat dengan tingkat yang tinggi. Hal itulah yang dapat menyebabkan peningkatan resiko erosi email gigi dan sensitivitas gigi. Meskipun buah memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, namun jika dikonsumsi berlebih dan terkena gigi seperti buah citrus maka dapat mengakibatkan kerusakan gigi.

Acar

Acar adalah makanan yang diawetkan, dalam memproduksinya diperlukan bahan yang mengandung asam tinggi seperti cuka. Tanpa disadari, hal itu akan berbahaya untuk gigi. Asam yang tinggi dan bila dikonsumsi berlebihan dapat merusak gigi.

Pasta

Tidak sedikit dari kamu yang mencintai makanan pasta. Dalam pembuatan saus pasta tentu diperlukan bahan seperti saus berbahan dasar tomat dengan jumlah yang tidak sedikit untuk memperkuat rasa dan memberikan kenikmatan. Tomat kaleng yang biasanya digunakan untuk membuat saus pasta memiliki asam yang tinggi daripada tomat alami.

Selain itu, makanan ini saat dicerna akan berubah menjadi zat gula penghasil asam yang akan mengikis enamel gigi.

Popcorn

Salah satu camilan teman menonton saat di bioskop adalah popcorn. Namun, konsumsi popcorn berlebih dapat merusak gigi kamu, terlebih lagi popcorn karamel yang dilapisi gula keras dan lengket.

Es

Tidak sedikit orang yang memiliki kebiasaan mengunyah es batu. Ternyata kebiasaan ini dapat menyebabkan peningkatan resiko fraktur gigi, terutama pada gigi dengan tambalan besar.

Mengunyah es juga dapat meretakkan enamel gigi sehingga membuat gigi terpapar. Hindari juga kebiasaan berbahaya lainnya yang melibatkan mulutmu seperti membuka botol dan kantong keripik dengan gigi.

Roti Putih

Roti putih kaya akan karbohidrat sederhana yang diubah oleh liur menjadi gula. Ketika terselip di gigi, sisa kunyahan gigi dapat mengundang bakteri untuk bersarang dan berkembang biak. Lama kelamaan bakteri akan membolongi gigi dan menciptakan rasa sakit yang menusuk.

Kacang Almond

Jika terlalu banyak mengkonsumsi kacang almond maka dapat menimbulkan masalah pada gigi kamu, gigimu dapat bisa saja retak atau patah karena sering menggigit kacang almond.

Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu sumber nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh jika kita mengkonsumsinya dengan baik. Selain itu juga memiliki manfaat yang banyak, akan tetapi ternyata ada kadar asam di dalam yoghurt yang cukup tinggi.

Jika dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat gigimu bermasalah. Tetaplah selalu menjaga kesehatan gigi kamu dengan rutin menggosok gigi dan menjaga pola makan dengan baik.

Penulis : Afip Maulana