Mental Kuat Bagai Pintalan Kawat, Ini Caranya

Membangun Mental Tangguh – Memiliki mental kuat ditambah dengan percaya diri yang tinggi terhadap sesuatu dapat memberikan dampak positif bagi diri. Hal ini akan membuat seseorang tetap gigih mencapai tujuan meski banyak halangan menghadang, baik dalam sekolah, karir, hingga perekonomian.

Sayangnya tidak semua orang terlahir dan mendapat didikan bermental baja. Namun tak perlu rendah diri, meski tak terlahir dengan sifat tersebut asalkan mampu mengembangkan cara yang biasa dilakukan oleh mereka yang memiliki mental kuat bagai pintalan kawat.

Kendalikan Hidup!

Di dunia ini ada dua jenis manusia; mereka yang percaya akan takdir, dan mereka yang percaya mampu mengendalikan sesuatu. Sebaiknya jadilah jenis manusia yang kedua. Bukan berarti tidak percaya takdir, melainkan langsung bergerak tanpa menunggu keberuntungan dan tak perlu khawatir akan nasib yang tidak baik. Biasanya orang dengan mental yang tangguh akan langsung bergerak seolah-olah keberhasilan atau kegagalan ada dalam kendalinya.

Fleksibel

Hidup tidak selalu berjalan seperti apa yang kamu rencanakan, akan ada kejutan-kejutan tak terduga di dalamnya. Fleksibel dalam menghadapinya akan membuat kamu terbuka terhadap sesuatu yang tak terduga.

Belajarlah dari Sang Maha Guru, ‘Kesalahan’

Sebuah kesalahan dapat membuat kamu runtuh, tetapi juga dapat menjadi pelecut kamu untuk berhasil di masa yang akan datang. Anggap saja kesalahan ini sebagai Sang Maha Guru yang akan menguatkan kamu.

Gagal, Bangkit Lagi!

Orang hebat dan kuat sekalipun pasti pernah berjumpa dengan yang namanya kegagalan. Dan bangkit dari kegagalan adalah hal yang membedakan si tangguh dengan si lemah. Tiap kali kamu melakukan kegagalan, analisalah apa yang menjadi penyebabnya. Terima kegagalan kamu dan bangun strategi baru serta coba lagi dengan lebih percaya diri dan hindari setiap pikiran negatif.

Tujan Hidup

Tidak memiliki arah atau tujuan hidup dapat membuat kamu tidak jelas dalam menggapai sesuatu. Sebuah studi dari Harvard menemukan siswa yang telah menentukan tujuan spesifik cenderung mendapatkan hasil dua kali lebih baik maupun optimal dibanding yang tidak memilikinya.

Terima dan Akui!

Menerima dan mengakui kemampuan diri sendiri tidak hanya membuat kamu lebih percaya diri, akan tetapi juga dapat memberikan kekuatan untuk memiliki kehidupan yang lebih bahagia.

Kontrol Stres!

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa masalah dalam hidup pasti akan ada yang memicu stres. Cepat sadari hal tersebut dan atasilah, itu akan membuatmu lebih baik. Sebuah studi dari New York University menemukan bahwa stres yang terjadi pada seseorang secara terus menerus akan membuat orang tersebut sulit dalam mengendalikan emosi.

Tidak Gila Kontrol

Meski memegang kendali terhadap hidup, bukan berarti kamu menjadi gila kontrol. Biarkan hal-hal kecil di luar kendali terjadi, asal tidak membuat pengaruh besar dalam kehidupan.

Ketangguhan bukan hanya sekedar fisik yang kuat, kamu harus melihat lebih dalam diri kamu dan bekerja keraslah meningkatkan kemampuan dan menghilangkan kelemahan diri untuk menjadi orang yang bermental tangguh.

Penulis : Afip Maulana

Shares
Share This