Menjadi Pembelajar Sejati

Sumber : FluentU

Hidup itu banyak sekali pelajaran yang dapat diambil, kehidupan ini adalah gudang pelajaran untuk kita semua. Alangkah ruginya kita jika tidak bisa memanfaatkan hidup dengan baik, tentang dunia yang penuh cerita.

1. Belajar Bukan Hanya Di Bangku Pendidikan

Belajar bisa dimana saja, bisa lewat membaca atau dari lika-liku kehidupan yang kita jalani. Tidak cukup dengan belajar di bangku pendidikan, karena belajar selama di sekolah adalah pengantar awal dari pembelajaran hidup yang sebenarnya, karena belajar yang sesungguhnya berasal dari kehidupan yang dijalani. Belajar tak harus formal, dimanapun kita berada disitu banyak pelajaran kehidupan yang bisa diambil.

2. Bukan usia saja yang bertambah, tapi ilmu pengetahuan juga bertambah

Terkadang kita merenungkan sejenak tentang apa yang telah kita lewati. Sepanjang usia yang telah dilewatkan jangan sedekar umur kita yang semakin bertambah, namun iringi juga dengan penambahan kemampuan diri dengan terus belajar. Jangan kalah dengan mereka yang masih muda dan semangat dalam belajar, kita juga harus punya semangat yang sama seperti mereka atau lebih.

3. Belajar Sebagai Bekal Dalam Kehidupan Yang Dinamis

Hidup di zaman sekarang serba dinamis, untuk itu kita harus terus belajar agar tidak ketinggalan zaman. Perubahan di sekitar kita membuat kita harus bisa beradaptasi dengan keadaan. Semakin banyak ilmu dan keterampilan yang dimiliki bukan tak mungkin kita akan dibutuhkan oleh banyak orang dan bisa menebarkan manfaat untuk orang lain.

4. Jangan Cepat Puas dengan Ilmu yang Didapat

Rasa puas bisa menjadi musuh dan penghalang bagi kita untuk terus belajar dalam banyak hal. Dunia ini adalah gudang ilmu yang luas, dan ilmu yang kita ketahui hanyalah sebagian kecil dari kehidupan.

5. Belajar tak Mengenal Usia

Tidak hanya anak-anak atau remaja yang belajar, saat kita sudah dewasa harus tetap belajar, karena mencari ilmu sepanjang usia kita. Semakin banyak ilmu yang didapat akan membuat kita tersadar bahwa ilmu yang kita miliki belum cukup untuk mengarungi kehidupan. Mau usia muda atau usia tua, belajar seharusnya tidak mengenal usia.

6. Belajar Membuat Kita Bijak

Seiring didapatnya pelajaran yang didapat, kita akan semakin bisa mengetahui banyak hal termasuk seluk beluk kehidupan. Semakin banyak ilmu yang didapat membuat kita semakin bijak dalam menghadapi masalah kehidupan.

7. Jangan Lupa Amalkan Ilmu

Ilmu apapun yang didapat di bangku pendidikan atau selain lembaga pendidikan, sebaiknya kita amalkan. Hal ini bertujuan agar ilmu kita tetap terjaga dan tidak mudah dilupakan dari ingatan kita. Dengan mengamalkan ilmu kita akan mengingat dan mendalami ilmu yang telah didapat sebelumnya.

 

Sumber : Kaskus

Oleh : Faisal (SMKN 1 Palasah)

Shares
Share This