Cara Membedakan Air mineral kemasan asli atau palsu

Air mineral dalam kemasan. Sumber: Pixabay

Air mineral dalam kemasan menjadi salah satu kebutuhan orang banyak. Sangat disayangkan, tidak semua air mineral yang beredar dijamin keasliannya. Ada saja beberapa oknum yang menjual air mineral kemasan palsu yang tentunya berbahaya bagi kesehatan. Biasanya para oknum tersebut mengedarkan air mineral kemasan melalui botol-botol bekas yang dicuci bersih dan diisi kembali dengan air mentah. Agar tidak tertipu, sebaiknya kita harus mengetahui bedanya air mineral kemasan asli atau palsu. Berikut ini ciri-cirinya:

1. Perhatikan botol kemasannya

cara ini agak sedikit sulit, namun kita dapat mengecek kelengkapan keterangan yang seharusnya terdapat di botol kemasan, seperti nama merek dan alamat dagang, nomor pendaftaran dari BPOM, tanda SNI, tanggal kadaluarsa, dan kode produksi.

2. Bandingkan ketinggian air

Perusahaan air mineral kemasan asli mengisi botol-botol mereka dengan mesin otomatis, sehingga ketinggian air botol satu dengan botol lainnya akan sama. Sebaliknya, produsen air mineral palsu mengisi botolnya secara manual sehingga ketinggian air tidak sama rata.

3. Perhatikan warnanya

Sebelum kamu membeli air mineral kemasan, kocoklah terlebih dahulu botol tersebut. Jika air berubah warna menjadi keruh setelah dikocok maka sebaiknya jangan diminum.

4. Cium dari baunya

Air mineral asli tidak akan berbau sama sekali. Berbeda dengan air mineral palsu yang akan menimbulkan bau janggal tidak biasa.

5. Coba cicipi airnya

Air mineral palsu memiliki rasa yang lebih kesat. Di langit-langit mulut rasanya seperti ada debu-daebu yang menempel.

Sumber: idntimes

dikutip oleh: Siti.j SMKN 1 Palasah

Shares
Share This