Bingung Belum Mendapatkan Pekerjaan? Inilah 5 Tips agar Kamu Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Cirebon Media – Setelah selesai menempuh pendidikan, mencari pekerjaan adalah tantangan yang selanjutnya. “Jaman sekarang nyari kerja itu susah” itulah yang sering kita dengar dari orang-orang, karena banyak dari mereka yang lulusan pendidikan tinggi tetapi masih menganggur. Lalu apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Mungkin karena lapangan pekerjaan kurang atau karena kitanya yang kurang berusaha? Sebenarnya lapangan pekerjaan itu banyak, tetapi pengetahuan kita akan tempat-tempat yang memiliki lowongan pekerjaan masih minim.

Melamar pekerjaan adalah hal yang paling sering diperbincangkan bagi orang yang berstatus freshgraduate. Mencari pekerjaan disamping banyaknya saingan memang cukup sulit, namun jika sebelumnya kita memiliki bekal untuk bekerja, tentu peluang mendapat pekerjaan semakin mudah. Nah kali ini saya akan memeberikan beberapa tips agar cepat mendapatkan pekerjaan.

  1. Perluas Jaringan Pertemanan

Jika kamu memiliki banyak teman dari berbagai daerah, hal tersebut bisa dimanfaatkan contohnya kita bisa saling bertukar informasi mengenai lowongan pekerjaan. Kamu juga tidak perlu takut jika memulai pertemanan dengan orang baru, bisa saja mereka membawa dampak positif karena dengan jaringan pertemanan yang luas biasanya kesempatan untuk mendapat pekerjaan terbuka semakin lebar.

  1. Meminta Bantuan Kepada Kenalan yang Sudah Bekerja

Jika kita mempunyai teman atau saudara yang sudah bekerja akan lebih memudahkan kita untuk mendapat informasi lowongan pekerjaan. Dengan mereka juga kita bisa sekedar berbagi pengalaman bagaimana dunia kerja itu. Tidak ada salahnya juga jika kita mencoba ikut bekerja bersama mereka.

  1. Mengirim Lamaran Pekerjaan Sebanyak-banyaknya

Mencobalah untuk mengirim lamaran pekerjaan sebanyak-banyaknya. Jika kita mengirim lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan peluang untuk mendapat pekerjaan semakin banyak. Karena jika kita tidak diterima di satu perusahaan masih ada peluang dari perusahaan lain yang mungkin membutuhkan karyawan baru.

  1. Mengikuti Laman atau Akun di Media Sosial yang Berisi Lowongan Pekerjaan

Ini adalah cara selanjutnya untuk mendapat informasi lowongan pekerjaan. Saat ini sudah banyak grup atau laman media sosial yang dikhususkan untuk berbagi informai lowongan pekerjaan. Akan tetapi kamu perlu hati-hati untuk bergabung di grup-grup seperti itu agar terhindar dari penipuan.

  1. Mencari Lowongan di Surat Kabar

Mencari lowongan pekerjaan juga bisa dilakukan dengan berlangganan surat kabar. Biasanya setiap sabtu dan minggu banyak memuat iklan lowongan pekerjaan. Nah dari situlah peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin terbuka.

Penulis: Euis Helda

Sumber:

https://life.idntimes.com/career/karir-com/9-cara-supaya-langsung-kerja-setelah-wisuda/full

Menu

Pin It on Pinterest

Shares
Share This