Cirebon Media – Kota Cirebon, kota yang kini semakin berkembang dan menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengulik berbagai tempat wisata, kuliner, kesenian dan kerajinan di kota ini. Cirebon yang berbatasan langsung dengan Pantai Utara Laut Jawa bisa dibilang cukup kaya dengan hasil laut. Baik yang diolah dijadikan bahan makanan maupun dikreasikan dalam bentuk kerajinan tangan. Kali ini, yang akan saya informasikan adalah salah satu kerajinan tangan yang ada di Kota Cirebon, yaitu kerajinan dari kerang.

Di Cirebon, kerang yang merupakan limbah sampah bisa disulap menjadi kerajinan yang unik dan membawa nilai ekonomi. Pemanfaatan limbah kerang ini dilakukan oleh CV Multi Dimensi.

Berbagai kerajinan dari kerang bisa kita temukan di RUMAH KERANG Nur Handiyah yang berada di Astapada Seberang Tol Cirebon Barat atau Jalan Ki Ageng Tapa Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon. Rumah Kerang ini juga merupakan tempat pameran hasil tangannya yang terampil dalam pembuatan kerajinan kerang. Ketika pengunjung memasuki ruangan tersebut, Anda akan disajikan dengan gemerlapan dari cahaya lampu yang memantul ke benda yang sebagian besar terbuat dari kerang.

Kerajinan kerang yang dihasilkan bermacam-macam, dari mulai vas bunga, guci dan berbagai perabotan rumah tangga. Semua barang-barang cantik itu berasal dari limbah kerang yang biasa digunakannya yaitu kerang simping. Dalam pembuatannya ia mengaplikasikan kulit kerang untuk dibuat berbagai macam dekorasi. Ada juga kulit kerang murni yang langsung dijadikan pajangan.

Untuk anda yang berkunjung ke Kota Cirebon, belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pameran dan membeli berbagai kerajinan kerang yang cantik ini. Benda-benda unik ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk dijadikan pajangan dirumah.

Penulis: Helda Euis

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2013/06/15/09531976/Inilah.Oleholeh.Kerang.Khas.Cirebon

https://fokus-cirebon.blogspot.co.id/2016/08/kerajinan-kulit-kerang-multi-dimensi.html