Poster: The Ultimate Visual Communication

Kemudahan dalam penyampaian informasi merupakan hal yang penting. Banyak cara serta media yang beragam untuk menyampaikan informasi. Dan tentu dikemas semenarik mungkin agar informasi dapat tersampaikan dengan efektif dan efisien.

Seperti halnya di sekolah atau kampus yang seringkali mengadakan suatu kegiatan dan memerlukan penyampaian informasi yang menarik agar mendapatkan atensi dari para pembacanya. Tujuannya agar pembaca tertarik mengikuti kegiatan yang diselenggarakan.

Membuat pengumuman dengan hanya menampilkan barisan kalimat-kalimat sangatlah menjemukan. Bukan tidak mungkin jika pengumuman tersebut hanya dilihat tanpa dibaca oleh orang lain.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, pembuatan pengumuman yang menarik bukanlah hal yang sulit dilakukan. Saat ini, desain poster adalah salah satu cara yang efektif untuk menyampaikan informasi. Tidak hanya berisi informasi, namun juga menampilkan visual yang menarik.

Hal tersebut yang membuat Degradasi mengadakan workshop desain poster. Degradasi merupakan komunitas yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan multimedia bagi anak muda di Cirebon. Bertujuan untuk berbagi pembelajaran mengenai bagaimana membuat poster yang tidak hanya informatif namun juga menarik. Poster merupakan gabungan dari ilustrasi, typografi, dan warna.

           Workshop desain poster yang diadakan oleh Degradasi

Ilustrasi. Unsur penunjang keindahan dan keaesthetican poster. Dengan adanya ilustrasi, poster tampak lebih berisi. Ilustrasi yang dimuat biasanya berupa gambar-gambar yang berkaitan denga nisi poster itu sendiri. Seperti contohnya poster untuk lomba menggambar. Bisa menampilkan ikon-ikon seperti kuas, palet cat warna atau bahkan menghadirkan orang yang sedang menggambar.

Ilustrasi dari salah satu pemateri workshop, Tanzilal.

Typography. Elemen yang kedua yaitu teks. Pada umumnya, jenis typhography terbagi 3 yaitu Serif, Sans Serif, dan Script. Perbedaan terletak pada bentuk teks itu sendiri, Serif merupakan font yang memiliki ekor pada setiap hurufnya, Sans Serif lebih tergolong modern tanpa ekor, sedangkan Script merupakan jenis font yang berbentuk seperti tulisan tangan manual.

Pemilihan font memiliki perbedaan untuk bagian head (judul) dan body (isi). Head haruslah menarik perhatian pembaca entah itu dari font maupun warna. Judul yang eye cathcing membuat pembaca ingin membaca isi dari poster tersebut. Sedangkan untuk isi, font yang digunakan sebaiknya simpel dan tidak terlalu banyak model. Tujuannya agar isi poster dapat tersampaikan.

                      Contoh typography art

Warna. Ada 3 kategori warna yaitu primer, sekunder, dan tersier. Warna primer merupakan warna dasar yang terdiri dari biru, kuning, dan merah. Warna sekunder yaitu penggabungan dari 2 warna primer yang menghasilkan warna baru. Pencampuran biru dan kuning menghasilkan warna hijau. Kuning dan merah menghasilkan warna oranye. Dan pencampuran biru merah menghasilkan warna ungu. Sedangkan warna tersier merupakan pencampuran warna primer dan sekunder.

Pembagian warna

Penggabungan ketiga elemen dengan benar akan menghasilkan setidaknya poster yang sempurna. Namun perlu diingat, elemen-elemen tersebut hanya sebagai penunjang. Yang terpenting adalah bagaimana agar informasi yang ada tidak tertutup dengan banyaknya hiasan pada poster itu sendiri.

Shares
Share This