Motoball, Salah Satu Olahraga Terbaik yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Apa yang kamu pikirkan saat menggabungkan sepakbola dengan sepeda motor? Yup, Motoball adalah jawabannya.

Kompetisi Motoball ini gabungan dari sepakbola yang pemainnya harus mengendarai sepeda motor. Para pemain juga diharuskan mengendarai motor 250cc kecuali penjaga gawang. Untuk ukuran bola yang digunakan lebih besar dari sepakbola pada umumnya.

Aturan mainnya juga sama seperti sepakbola pada umumnya. Semua yang dilakukan hampir mirip dengan sepakbola pada umumnya, seperti pelanggaran, penalti dan tendangan bebas. Namun, jumlah pemain dalam satu tim berjumlah 5 orang.

Dalam satu tim, empat pemain atau pengendara lapangan dan satu goalkeeper yang tidak mengendarai sepeda motor. Luas area gawangnya sekitar 6 meter. Uniknya, penjaga gawang harus menggunakan helm.

Setiap motor juga akan memiliki peraturan sendiri seperti berat 70-120 kg, memiliki pelindung rantai, ban trail serta pelindung pada setang, dan ujung kaki-kaki.

Nah, bedanya pertandingan Motoball hanya berlangsung selama 20 menit. Setengahnya waktu normal dalam tiap babak sepak bola.

Motoball di lapangan aspal juga bisa menyebabkan bahaya. Makanya mereka juga diharuskan memakai peralatan lengkap seperti sepatu, celana panjang, dan helm yang sudah disetujui oleh panitia.

Dalam Motoball tidak ada yang namanya pelan-pelan meskipun kondisi para pemain sedang lemah. Para pengendara mempercepat dan menurunkan kecepatan dengan cepat; maneuverability skill yang ekspert, refleks secepat kilat dan kekuatan untuk mengalahkan tim lawan.

Memainkan olahraga ini jelas butuh keahlian yang tidak sederhana. Karena mereka diharuskan mengendarai motor sambil bermanuver dan menendang bola. Mereka juga tidak diizinkan untuk menggunakan tangan.

Sebenarnya Motoball ini sudah ada sejak pertengahan 1930-an dan masuk dalam Goodwill Games perdana pada tahun 1986.

Kejuaran FM Eropa Pro Motoball diadakan setiap tahun dan akan diikuti oleh Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, Swiss, Belarusia, Austria, Denmark, Belanda, dan Ukraina.

Bahkan ada juga kejuaraan klub Motoball di beberapa negara atau bisa disebut dengan Piala Eropa. Semacam Liga Champions gitu.

Tanggal 1 sampai 4 November nanti akan ada Dirt Bike Show di Inggris. Motoball akan diikutsertakan disana. Tim yang akan berhadapan adalah Jerman dengan Perancis.

Penulis : Nisa

Shares
Share This