GEDUNG BANK INDONESIA CIREBON

The Light Carrier
  • 3 tahun
  • 1508
  • 1

Cirebonmedia.com –  Gedung Bank Indonesia Cirebon di Jl. Yos Sudarso merupakan salah satu bangunan tua peninggalan kolonial Belanda. Sampai sekarang gedung itu masih berdiri megah, cantik dan anggun. Di jalan ini memang cukup banyak dijumpai gedung-gedung tua. Ini menandakan bahwa sejak dulu jalan ini merupakan jalur utama perekonomian.

Lokasi Bank central Indonesia ini sangat dekat dengan lokasinya dengan Bank Mandiri yang juga termasuk dalam heritage Kota Cirebon. sebelumnya saya kunjungi, dan juga dekat dengan lokasi beberapa gedung tua lainnya yang telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya oleh pemerintah daerah setempat. Bagaimana pun sejarah sebuah kota bisa disegarkan dengan bangunan tua yang dimilikinya.

Gedung Bank Indonesia Cirebon di Jl. Yos Sudarso merupakan salah satu gedung tua peninggalan jaman kolonial Belanda yang sampai sekarang masih berdiri dengan megah, cantik dan anggun di Kota Cirebon.

Bank Indonesia Cirebon sebelumnya merupakan Kantor Cabang ke-5 dari De Javasche Bank (DJB), yang dibuka pada 31 Juli 1866 dengan nama Agentschap van De Javasche Bank te Cheribon, namun baru beroperasi pada 6 Agustus 1866. Kantor cabang DJB yang telah lebih dulu dibuka adalah kantor DJB di Semarang, Surabaya, Padang, dan Makasar.

Gedung ini memiliki dua bangunan yang bersisian. Seorang pembaca, bung Nanan, menulis bahwa yang letaknya berada di sebelah kiri dan menghadap langsung ke gapura candi bentar adalah bangunan yang baru dibangun, namun rancangannya menyesuaikan dengan bangunan aslinya.

Penggunaan gapura candi bentar banyak terlihat digunakan di gedung-gedung yang ada di Kota Cirebon, baik gedung tua maupun yang baru. Ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah setempat memberi tempat dan penghargaan tinggi pada budaya dan tradisi Nusantara. Sesuatu kebijakan yang patut mendapat pujian dan dukungan masyarakat.

Tampak samping Bank Indonesia Cirebon yang asli ini masih terlihat berdiri kokoh, cantik dan anggun, serta terawat dengan baik. Dari catatan sejarah, perencanaan arsitektur Gedung De Javasche Bank yang sekarang menjadi bagian dari Bank Indonesia Cirebon itu dilakukan oleh Biro Arsitek F.D. Cuypers & Hulswit.

Oleh : Moch Alfian

Sumber : thearoengbinangproject

 

Shares
Share This