Bidang-bidang Freelancer Paling Banyak Dicari dengan Permintaan Tinggi

Freelancer atau pekerja lepas semakin ke sini semakin berubah dan terus berkembang. Keberadaannya sebagai tenaga outsourcing juga sudah menjadi sesuatu yang umum. Menariknya, tingginya permintaan tenaga freelancer berbanding terbalik dengan rendahnya pasokan outsourcing. Sehingga, kalau kamu memiliki salah satu atau mungkin lebih keterampilan di bawah ini dan kamu ingin terjun ke dunia freelance, kemungkinan besar kamu akan menemukan beberapa pekerjaan yang cukup bagus dengan gaji menarik.

1. Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

Keterampilan teknis ini menempati urutan teratas pada daftar ini. Hal ini dikarenakan meningkatnya permintaan serta popularitas speaker yang diaktifkan dengan suara seperti Amazon Echo, Google Home, dan sekarang Apple’s HomePod. Raksasa teknologi berebut untuk menemukan freelancer yang bisa membantu mereka untuk menyempurnakan suara yang ada.

2. Social Media Marketing

Ada masa freelancer bagian pemasaran selalu diminati. Akan tetapi, kebanyakan perusahaan saat ini juga membutuhkan mereka yang paham dalam pemasaran di media sosial (Social Media Marketing/Optimization). Sehingga, hampir setiap merek/brand memiliki minimal satu akun di media sosial mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Snapchat, hingga ke platform lokal masing-masing negara (seperti VK di Rusia atau Naver di Korea). Jika kamu merasa memahami strategi sosial dengan baik, bidang ini sangat cocok untukmu.

3. Pembuat Konten (Content Creation)

Di dunia pemasaran, konten adalah hal yang utama sehingga tidak heran jika Google saja menyebut “Content is King“. Suatu brand perlu terus-menerus mempublikasikan informasi yang bermanfaat dan relevan dengan produknya. Publikasi ini bisa melalui blog, whitepapers, eBook, dan banyak lagi. Dan umumnya, jarang seringkali ada perusahaan atau brand yang memiliki divisi khusus untuk pembuatan konten publikasi ini. Sehingga, jika kamu memiliki pengalaman menulis atau mempunyai passion dalam hal publikasi, Content Creator adalah peluang yang cukup menjanjikan bagimu.

4. Pemrograman (Programming)

Kalau kamu merupakan ahli dalam bidang teknologi khusunya pemprograman, kamu tidak akan kekurangan kesempatan dalam mendapatkan peluang di sini. Saat ini, bahasa pemprograman yang paling banyak digunakan adalah MySQL, PHP, R, dan Swift.

5. Akuntansi

Jika kamu punya pengalaman dalam platform perangkat lunak akuntansi terpopuler seperti QuickBooks, Freshbooks, dan Sage, serta bisa memberikan saran kepada klien mengenai strategi perpajakan, maka sebutan akuntan freelance bisa menjadi pekerjaan tambahan. Di Amerika, permintaan freelancer untuk akuntansi meningkat jika telah memasuki musim pelaporan pajak. Meski begitu, profesi ini bukanlah musiman, karena sepanjang tahun tetap ada saja yang mencari keahlian ini.

Sumber : teknologi.info
Penulis : Nisa

Shares
Share This